7 Alasan Mengapa MAN IC Serpong Menjadi Sekolah Favorit

Setiap tahunnya MAN Insan Cendekia Serpong selalu dibanjiri siswa SMP/MTs yang ingin mendaftar dari tahun ke tahun selalu meningkat peminatnya. Paling tidak rata-rata dalam 5 tahun terakhir ini sekitar empat ribu sampai lima ribu siswa yang ingin masuk MAN IC Serpong dari seluruh Indonesia padahal kuota siswa hanya 120-140 siswa artinya 1 kursi diperebutkan 35-41 siswa, ini pun sudah dibatasi masing-masing SMP/MTs hanya boleh mendaftarkan maksimal 10 siswa.

Sejak 1996 MAN Insan Cendekia Serpong berdiri melahirkan banyak prestasi sehingga hal tersebut membuat banyak siswa dari berbagai penjuru Indonesia ingin menjadi siswanya. Beberapa hal yang membuat MAN IC Serpong menjadi sekolah favorit dan diminati, diantaranya:

1. Sekolah Habibie
Istilah “sekolah Habibie” kerap digunakan masyarakat untuk nama lain dari MAN Insan Cendekia. Insan Cendekia lahir dari pemikirin besar Prof.Dr.Eng B.J. Habibie yang ingin menyatukan Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK) dengan Iman dan Taqwa (IMTAQ), beliau menginginkan berdirinya sebuah institusi pendidikan yang mampu membentuk manusia yang menguasai IPTEK dan IMTAQ secara seimbang. Pada saat itu beliau menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BPPT menginisiasi program Science and Technology Equity Program (STEP). Tujuan STEP adalah penyetaraan program ilmu pengetahuan dan teknologi untuk sekolah di lingkungan pesantren. Pada tahun 1996, STEP melekatkan nama SMU Insan Cendekia sebagai nama lembaga pendidikan sebelumnya digunakan nama Magnet School selama beberapa bulan. Rancangan model pendidikan STEP mengambil filosofi magnet school dimana diharapkan lembaga pendidikan ini mampu menarik sekolah sekitarnya untuk terpicu dalam prestasi dan menyiapkan calon pemimpin masa depan bangsa. STEP memilih lokasi di Serpong (Banten) dan Gorontalo yang menjadi langkah awal pendirian sekolah berbasis IPTEK dan IMTAQ.
– Habibie Terharu Menerima Buku Alumni IC di Den Haag Belanda
– Habibie Berkenan Tandatangani Foto Kunjungannya ke MAN IC Serpong Tahun 2005

-Kunjungan Habibie-Ainun ke MAN IC Serpong Tahun 2005

Habibie bersama guru dan karyawan MAN IC Serpong
Kunjungan Habibie ke MAN IC Serpong 2005

2. Sekolah Juara Olimpiade Sains Nasional dan Internasional
Setiap tahun rentetan juara Olimpiade Sains baik itu tingkat nasional dan dunia sering diraih oleh siswa-siswa MAN Insan Cendekia Serpong. Sejak dari awal berdirinya sudah banyak melahirkan para juara olimpiade sains internasional baru 4 tahun sekolah ini berdiri geliat dalam keunggulan siswa bidang IPTEK mulai nampak, dimana siswanya menjadi salah satu Tim Olimpiade Kimia Indonesia untuk tingkat dunia pada tahun 2000 yang diselenggarakan di Denmark.

Berikut ini daftar siswa Insan Cendekia Serpong yang telah berjasa mengharumkan nama Indonesia di ajang Olimpiade Sains Internasional dan membesarkan nama Insan Cendekia:
1. Gufron Gozali ( Gufy Goz ) Tim olimpiade Kimia Internasional tahun 2000
2. Fajar Ardian Medali Emas Olimpiade Fisika Internasional tahun 2002
3. Roswitha Muntiyarso Medali Perunggu Olimpiade Biologi Internasional tahun 2007
4. Thoriq Salafi Medali Perunggu Olimpiade Biologi Internasional tahun 2010 dan Perak 2011
5. Kamil Ismail Medali Perak Olimpiade Kebumian Interansional tahun 2010
6. Muhammad Aji Muharam Medali Perunggu Olimpiade Komputer Internasional tahun 2012
7. Uyun Charisa Aziza Medali Perunggu Olimpiade Geografi Internasional tahun 2014
8. Nagita Gianty Annisa Medali Perunggu Olimpiade Biologi Internasional tahun 2015
9. Ahmad Sirojul Millah Medali Perunggu Astronomi Internasional 2017

Sejak tahun 2005 sampai dengan 2017 total sudah 71 medali OSN yang berhasil diraih siswa MAN Insan Cendekia Serpong

3. Sekolah Nilai Rata-rata UN Tertinggi
– Tahun 2014 Peringkat ke-2 Nasional:
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong menempati peringkat kedua tertinggi secara nasional untuk hasil Ujian Nasional (UN) Tahun 2014.
– Tahun 2017 Peringkat 1 Nasional
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong memperoleh rata-rata tertinggi tingkat nasional untuk peminatan IPS. Sementara untuk peminatan IPA, MAN IC Serpong ada di peringkat ketiga se-Indonesia
https://news.detik.com/berita/d-3551031/sekolah-madrasah-ini-raih-nilai-rata-rata-un-ips-tertinggi-se-indonesia

https://www.gatra.com/man-insan-cendekia-raih-nilai-rata-rata-unbk-tertinggi-nasional

4. Lulusannya Banyak diterima PTN Favorit Dalam dan Luar Negeri
Siswa MAN Insan Cendekia Serpong angkatan ke-20 tahun pelajaran 2016/2017 92% diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan seleksi Perguruan Tinggi luar negeri.

Hasil SNMPTN dan SBMPTN sebanyak 26% siswa diterima di Universitas Indonesia (UI), 18% siswa diterima di Institut Teknologi Bandung (ITB), 13% siswa diterima di Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan 10% siswa berhasil diterima di Unversitas Gajah Mada (UGM)serta tersebar di berbagai PTN favorit seperti ITS 6%, UNAIR, UNDIP, UIN dan universitas lainnya. Jurusan yang paling diminati adalah Kedoteran sebanyak 15% siswa diterima di Fakultas Kedokteran UI, UNPAD, UNDIP, UGM, UNS dan UIN.

Setiap tahun rata-rata 10-15% siswa lulusan MAN Insan Cendeki Serpong diterima di Universitas luar negeri.
Siswa yang melanjutkan studi di luar negeri semuanya mendapatkan beasiswa, baik dari universitas maupun pemerintah melalui beragam jalur seleksi beasiswa. Beberapa kampus yang menjadi pilihan para alumni yaitu NTU, NUS Singapura, IIUM Malaysia, Anadolu University Turki, Universitas Al Azhar Mesir dan sebagian besar memilih kampus di Jepang diantaranya Kyoto University, Tokyo Instutute of Technology, Tohoku University, Hokkaido University, Nagoya University, Ritsumeikan University, Asia Pacific University.

5. Alumninya Berprestasi di Berbagai Bidang
Alumni MAN Insan Cendekia setelah lulus melanjutkan kuliah umumnya menjadi mahasiswa berprestasi mengikuti berbagai lomba dan kegiatan salah satunya Muhammad Assad, MSc., alumni MAN Insan Cendekia Serpong lulus tahun 2005 ini adalah seorang entrepreneur, pakar keuangan syariah, pembicara internasional dan penulis buku-buku national bestseller Notes From Qatar dan juga host di acara Tv One Hijab Stories. Assad lulus program S2 bidang Islamic Finance dari Hamad bin Khalifa University, Doha – Qatar, dengan predikat summa cum-laude dan mendapat beasiswa penuh dari Emir Qatar, His Highness Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani.
Dan banyak nama lainnya yang tidak bisa disebutkan satu-persatu, diantaranya:
– Adam Ardisasmita Ketua Alumni IC dan CEO Arsanesia
– Thoriq Salafi Meraih 2 Beasiswa Universitas Top Dunia Cambrigde University dan National University of Singapore
– Nabil Satria Raih IPK 3,99 Tertinggi di UGM
– Arief Faqihudin Mewakili Indonesia Kompetisi Asia Social Innovation di Hongkong

Anindya Bakrie, M. Assad dan Sandiaga Uno

6. Juara Olimpiade Indonesia Cerdas RTV
Olimpiade Indonesia Cerdas merupakan salah satu program Tv swasta RTV yang sangat bergengsi karena pesertanya sekolah-sekolah unggulan. Tahun 2014 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong menjadi juara Olimpiade Indonesia Cerdas(OIC). Berjuang selama dua bulan, dari babak penyisihan hingga babak grand final putaran kedua. Akhirnya MAN Insan Cendekia berhasil merebut Piala Direktorat Pendidikan Menengah serta uang senilai Rp.50 juta.
MAN Insan Cendekia Serpong Sapu Bersih Gelar Juara OIC RTV

7. Guru-guru Profesional dan Berkualitas
Semua keunggulan dan prestasi selama 21 tahun MAN Insan Cendekia Serpong faktor utamanya adalah karena guru-guru yang berkualitas, tidak semua sarjana pendidikan bisa menjadi guru di sekolah ini. Seluruh guru melalui proses seleksi yang ketat sehingga bisa mendapatkan guru yang profesional dan berkualitas. Saat ini 50% lebih guru MAN Insan Cendekia berijazah S2, 1 orang S3 dan selebihnya S1.

Guru MAN Insan Cendekia Serpong
Foto guru-guru MAN Insan Cendekia Serpong

Demikianlah 7 alasan mengapa MAN Insan Cendekia Serpong menjadi sekolah favorit dan unggulan, tentu hal lain dari yang telah disebutkan diatas juga tidak kalah penting dalam membentuk madrasah unggulan.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*