8 Tips Persiapan Tes Seleksi MAN Insan Cendekia

Banyaknya siswa pendaftar yang ingin masuk ke Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Serpong membuat persaingan untuk bisa diterima sangat ketat. Ribuan siswa yang mendaftar sedangkan yang diterima hanya ratusan (140 siswa). Berikut ini adalah tulisan dari alumni MAN Insan Cendekia Serpong Ahmad Nabiel yang diposting di FB setahun yang lalu (5 Februari 2017) berbagi tips agar bisa lulus tes seleksi dan diterima.

Ada yang mau masuk MAN IC? atau ada adiknya yang mau masuk ke sana? Coba deh baca tips berikut:

1. Ketahui Materi
Seperti yang tertera dalam website manicserpong.com materi yang akan diujikan meliputi Tes Potensi Belajar (TPB) dan Tes Akademik meliputi matapelajaran: Matematika, IPA , Bahasa inggris, PAI, Bahasa Arab.

2. Know Your Weak Points
Setelah tahu materinya, cari tahu kelemahanmu! Lalu pelajari lebih giat kelemahan tersebut.
Misalnya: Buat kamu yang SMP/MTs nya pesantren pasti materi Agama dan bahasa Arab gak asing lagi buat kamu. nah jika sudah mantap kedua materi itu, pelajari lagi lebih banyak soal-soal seperti matematika -terutama yang aneh2- Biar pengetahuanmu balance.
Begitu pula sebaliknya, kalo kamu pernah OSN maka kamu pasti sudah biasa dengan soal2nya. Nah sekarang giliran kamu untuk memelajari lebih tentang Agama dan Bahasa Arab.
Sebagai pengalaman, bahasa arab disini bukan kosakata aja lho, tapi juga ada beberapa nahwu dasar.

3. Manfaatkan UN
Pengalaman ane, semenjak belajar buat UN ngerjain latihan2 soal buat Tes Masuk ini juga kebantu banget. Selain materinya juga sebagian mirip, waktu kamu buat belajar juga kehemat kan? jadi tetep bisa maen dota walau mesti belajar #eh. hehe

4. Exercise!
Tentunya kamu perlu latihan soal… apalagi materi TPB yang aneh2 itu biasanya cuma ada di buku2 psikotes gitu. Bedain juga porsi latihan soal buat materi yang kamu kuasai dengan yang enggak. Misalnya kamu jago matematika tapi lemah bahasa arab, kasih porsi yang berbeda keduanya

5. Relax
Setelah kamu belajar sedemikian rupa, saatnya bersantai buat kamu sehari menjelang ujian. Biar kamu gak tegang pas ujian nanti.
Salah satu guru IC juga menganjurkan untuk tidak belajar sehari menjelang ujian.

6. Lets Fight!
Mulai disini kamu berjalan sendiri buat menaklukan soal2 itu. Tips utama adalah kerjakan soal-soal yang gampang. Karena kalo kamu terpaku pada soal yang sulit, nanti waktu akan semakin menipis, dan soal lain gak kesentuh. Sebagai pengalaman ane dulu cuman ngerjain 7 soal matematika

7. Berdoa
Meski ujian udah kelar, jangan lega dulu. Lanjutkan dengan berdoa agar mendapat hasil yang terbaik.

8. You are not Alone
Minta ridho dari orang tua, karena ridho Allah terdapat dalam ridhonya orangtua. Apa sih yang susah kalau Allah ridho sama kamu?
Minta doa pula dari keluarga serta perbanyak sholat malam dan sodaqoh sebagai bentuk silaturahmi serta PDKT sama Allah.

Sumber : Facebook Ahmad Nabiel
*Ahmad Nabiel lulus MAN IC Serpong 2016 saat ini kuliah di Pend.Kimia Universitas Padjadjaran

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*