Amil Siswa MAN IC Serpong delegasi Indonesia di Olimpiade Astronomi Internasional

Amil dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Jakarta (Kemenag) — Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Serpong (MAN IC) terpilih sebagai salah satu tim astronomi Indonesia yang akan mengikuti International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2017 di Thailand yang akan diikuti 48 negara. Adalah Ahmad Sirojul Millah (Amil), peraih medali emas Olimpiade Sains Nasional di Palembang tahun 2016 berhasil masuk tim astronomi Indonesia setelah menjalani proses karantina.

“Alhamdulilah, dari MAN Insan Cendekia Serpong ada perwakilan yang menjadi duta Indonesia pada olimpiade astronomi internasional di Thailand atas nama Ahmad Sirajul Millah. Dia telah mengikuti pelatnas dan termasuk lima besar dari 30 peraih medali OSN Palembang,” kata Kepala Madrasah MAN IC Serpong Persahini Sidik saat menemui Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di kantornya, Jakarta, Selasa (07/11).

Menurutnya, Amil telah dibina sejak tahun 2016 saat persiapan mengikuti OSN di Palembang. Mendapat medali emas OSN, Amil lalu masuk pelatnas dan terpilih menjadi bagian dari tim astronomi yang akan berlomba pada 11 – 21 November 2017.

“Kami minta doa restu Pak Menteri Agama untuk kesuksesan tim astronomi Indonesia,” harapnya.

Hal sama disampaikan Amil. Kepada Menag, remaja 17 tahun yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran UI ini berharap doa dan restu untuk bisa menjadi yang terbaik.

“Ini adalah pengalaman pertama. Saya sangat Senang dan bersyukur. Alhamdulillah terpilih. Pada awal masuk astronomi tidak berfikir sampai Internasional. Alhamdulillah setelah dijalani bisa masuk,” tuturnya.

Amil mengaku sudah menjalani proses karantina sejak 26 Oktober lalu di Bandung. Proses karantina akan berlangsung sampai 10 November 2017 sebelum tim berangkat menuju Thailand.

“Proses karantina lumayan berat. Alhamdulillah setelah dijalani bisa juga,” kata lulusan MTs Al Yasini Pasuruan Jawa Timur ini.

Menag Lukman mengapreisasi capaian Amil. Dia mengaku ikut bangga karena ada siswa madrasah yang mewakili mewakili Indonesia pada ajang olimpiade internasional bidang Astronomi.

“Mudah-mudahan lancar. Jadikan ini pengalaman buat kamu. Ini luar biasa. Tidak semua orang bisa mendapatkan ini. Mudah-mudahan sukses dan lancar,” harapnya.

Kepada Bapak/Ibu guru, Menag juga menyampaikan terima kasih karena terus membimbing para siswa hingga bisa menjadi yang terbaik.

Atas prestasi yang telah diraih, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) H.A. Umar berkomitmen untuk memberikan uang pembinaan kepada Ahmad Sirajul Millah.

Sumber : Kemenag.go.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*