Amil Siswa MAN IC Serpong Raih Medali Astronomi Olimpiade Internasional

Senin, 20 November 2017 pada penutupan International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2017 yang dilaksanakan di Phuket Thailand Ahmad Sirojul Millah berhasil meraih medali perunggu. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan bagi Indonesia karena IOAA 2017 adalah kompetisi bergengsi tingkat dunia bidang astronomi diikuti 348 peserta yang berasal dari 46 negara. Amil menjadi siswa ke-9 dari MAN Insan Cendekia Serpong yang berhasil meraih juara olimpiade internasional. (Baca: Inilah Juara Olimpiade Internasional)

Ahmad Sirojul Millah atau biasa dipanggil Amil adalah siswa MAN Insan Cendekia Serpong angkatan ke-20 (Axiora) saat ini merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran UI. Perjalanan dan perjuangan panjang mulai dari Olimpiade Sains tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional dan dari 30 peraih medali Olimpiade Sains Nasional 2016 dilakukan pembinaan Pelatihan Nasional (Pelatnas) tahap 1 sampai 4 sehingga diambil 5 siswa yang berhak mengikuti Olimpiade Astronomi Internasional 2017 di Phuket Thailand.

Sebelum bertolak ke Thailand Amil didampingi guru MAN IC Serpong bertemu dan meminta doa restu kepada Menteri Agama bapak Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kementerian Agama RI. Menteri Agama mengatakan “Mudah-mudahan lancar. Jadikan ini pengalaman buat kamu. Ini luar biasa. Tidak semua orang bisa mendapatkan ini. Mudah-mudahan sukses dan lancar,”.

Amil dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Amil kelahiran Pasuruan, 24 Agustus 2000 (17 tahun) anak ke-2 dari 4 bersaudara putra dari pasangan M.Kholil dan Yuliani, ayahnya seorang penghulu Kemenag Kota Pasuruan dan ibunya Guru BK Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan. Sekolah dasar di SDN Gambir Kuning Pasuruan kemudian lanjut ke MTs Al-Yasini Pasuruan dan hijrah ke Banten di MAN Insan Cendekia Serpong. Lulus 2017 dari MAN IC Serpong melanjutkan ke Fakultas Kedokteran UI menggapai cita-citanya sejak kecil ingin menjadi seorang dokter.
Amil dan Ibunda

Siswa yang dikenal kalem, ramah dan cenderung pendiam ini memang sosok yang gigih dan tekun, menurut guru pembimbing astronomi Ir.Hj.Elly Haswani,M.Pd “Amil itu cerdas, penurut, kalem dan tekun berkat kegigihan dan konsistensinya dalam belajar membawanya lolos Pelatnas 1, 2, 3 dan 4 serta berhasil meraih Perunggu saya sangat bangga terhadapnya”
Ibu Elly, Amil dan Ibu Penny

Dr. Pahrurroji M. Bukhori pengasuh asrama/guru Al-Quran Hadits mengatakan “Amil ini siswa yang komplit, agak langka. Disamping prestasinya dalam bidang sains, dia juga termasuk siswa yang cukup bagus baca kitab kuningnya. Bahkan kalau gak salah, pernah beberapa kali ikut lomba musabaqoh qiratul kutub”.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*