Aziz Raih “The Most Outstanding Delegate Award” AYIMUN 2017 di Malaysia

Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong Memperoleh “The Most Outstanding Delegate Award pada Konferensi AYIMUN 2017 di Kuala Lumpur. Aziz Faizullah Abidin siswa kelas XI IPA MAN Insan Cendekia Serpong memperoleh penghargaan sebagai “The Most Outstanding Delegate” pada konferensi AYIMUN (Asia Youth International Model United Nations) yang di selenggarakan dari tanggal 3 s/d 6 Nopember 2017 di Sunway Putra Hotel Kuala Lumpur.

Konferensi ini mengusung tema “Enhancing Global Power through Diplomacy and Regional Integration.” Kegiatan ini merupakan simulasi Model United Nations atau konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memperkenalkan aturan, prosedur dan cara berdiplomasi antar delegasi di badan PBB yang terdiri dari UNICEF, UNESCO, OIC, IMF, UNHCR, ARF dan Press Corp. Peserta tidak hanya diperkenalkan dengan cara berdiplomasi namun mereka secara langsung mempraktekkannya dengan cara memperjuangkan negara yang mereka wakili pada badan PBB yang sudah ditentukan. Konferensi ini dihadiri oleh lebih dari 600 peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa dari berbagai latar belakang pendidikan di Perguruan Tinggi se-Asia. Selain mahasiswa, turut serta siswa-siswi SMA/MA yang sudah lolos seleksi yang diselengarakan oleh panitia AYIMUN.

Dua diantara peserta tersebut adalah siswa/i dari MAN Insan Cendekia Serpong yaitu Aziz Faizullah Abidin yang mendapatkan tugas mewakili negara Montenegro dan Amelia Maharani Nurmalitasari sebagai perwakilan Negara Mongolia. Keduanya memperjuangkan stabilitas ekonomi negara yang mereka wakili melalui International Monetary Fund (IMF).

Bagi kedua siswa ini pengalaman tersebut sangatlah berharga sekaligus membanggakan karena bisa berada diantara peserta dari berbagai negara dan turut membanggakan almamater MAN Insan Cendekia Serpong di ajang internasional.
Menurut Rani, salah satu peserta dari MAN IC Serpong, kegiatan ini sangat positif karena menambah pengalaman Internasional dan pengetahuan peserta tentang PBB secara umum dan badan-badan yang ada di PBB secara khusus.

Aziz, salah satu penerima award pada konferensi ini menambahkan banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan ini seperti peningkatan kemampuan public speaking, melatih jiwa kepemimpinan, kemampuan menganalisa masalah, kemampuan berdiplomasi, berfikir kritis tentang masalah global dan melatih kemampuan peserta dalam memecahkan masalah internasional.

Aziz dan Ibu Gustinefa (Guru Pendamping)

Semoga prestasi yang membanggakan ini juga diikuti oleh peserta didik dari madrasah lain yang ada di Indonesia.

Gustinefa, M.Pd

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*