Civitas Day 2017: “Ketika Semua Gembira dan Tertawa Bahagia”

Serpong (12/12) – Civitas, kata yang berasal dari bahasa latin yang berarti masyarakat. Secara terminologis, civitas dapat dimaknai sebagai individu yang menjadi bagian dari suatu instansi ataupun organisasi dalam jangka waktu tertentu dan telah merasa menyatu sama lain dalam balutan kebersamaan antar individunya dengan ikatan kekeluargaan.

Civitas merupakan salah satu unsur terpenting dalam epik perjuangan berkembangnya MAN Insan Cendekia Serpong hingga menjadi seperti yang kita lihat saat ini. Civitas yang dimaksud ini mencakup unsur tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan. Jumlah civitas MAN Insan Cendekia Serpong sendiri sekitar 100 orang dengan rincian 50 orang tenaga pendidik dan 50 orang tenaga kependidikan.

Dalam rangka menghargai jasa dan upaya segenap civitas, OSIS MAN Insan Cendekia Serpong menyelenggarakan acara civitas day. Civitas day tahun ini diadakan pada tanggal 27 November 2017 berbentuk peringatan hari guru dan 12 Desember 2017 yang merupakan puncak kegiatan civitas day. Puncak kegiatan ini berisi pemberian apresiasi dari siswa kepada civitas MAN Insan Cendekia Serpong yang didasarkan pada angket siswa dan perlombaan antara siswa dan civitas MAN Insan Cendekia Serpong.

Tercatat, terdapat 5 mata perlombaan yang dipertandingkan yaitu tarik tambang, bola voli, adu panco, bakiak, dan ranking 1. Ditambah lagi dengan diadakannya senam sebagai bentuk relaksasi raga sebelum rangkaian kompetisi menanti. Puncak dari civitas day adalah pemberian apresiasi dengan 10 kategori berbeda dan beragam perspektifnya.
Civitas day dimulai pada tanggal 27 November 2017 bertepatan dengan hari ketiga berlangsungnya UAS semester gasal. Penyelenggaran civitas day pada hari itu ditujukan sebagai bentuk apresiasi siswa MAN Insan Cendekia Serpong terhadap segenap tenaga pendidik dalam rangka memperingati hari guru. Acara dimulai tepat pukul 11.30 saat UAS hari itu berakhir. Acara diawali dengan bernyanyi lagu pagiku cerahku dan hymne guru bersama oleh siswa dan pemberian cinderamata angkatan kepada guru terpilih. Dilanjutkan dengan arahan dari Ibu Kepala Madrasah, Persahini Sidik, M.Si. sekaligus menutup acara dengan pemotongan tali untuk membuka umbul – umbul sebagai tanda peringatan hari guru.


Puncak acara diselenggarakan pada tanggal 12 Desember 2017. Acara dimulai pukul 8.00 setelah kegiatan Tahfidz Intensif selesai dilaksanakan. Siswa MAN Insan Cendekia Serpong berkumpul di lapangan sepak bola guna melakukan senam bersama. Setelah senam bersama usai dilaksanakan kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan antara civitas dan siswa. Lomba – lomba yang dikompetisikan antara lain adalah tarik tambang, adu panco, bola voli, dan bakiak. Atmosfer kebersamaan membumi dan mengudara dalam kegiatan ini. Gelak tawa, canda, dan keakraban terpupuk serta mengembang dalam kegiatan kali ini.

Pada pukul 10.00 kegiatan dilanjutkan di Gedung Serba Guna (GSG) MAN Insan Cendekia Serpong. Kegiatan yang dilangsungkan di GSG ini berupa perlombaan ranking 1. Perlombaan ini ditujukan untuk menguji pengetahuan umum dan pengetahuan mengenai Insan Cendekia para civitas, baik siswa maupun tenaga Pendidikan dan kependidikan.

Setelah berakhirnya acara itu, dilanjutkan dengan acara puncak berupa pemberian apresiasi kepada civitas dalam 10 kategori yang berbeda. Mulai dari civitas paling peduli hingga civitas of the year. Pemberian apresiasi ini diselingi dengan penampilan dari Trio Sedekep yang digawangi oleh Bapak Ipik Ernaka, M.Hum., Bapak Rapiq, M.Pd., dan Bapak Abdul Jalil, MA. Beliau bertiga menampilkan puisi berantai antara pejuang kemerdekaan, tukang telur, dan biduan cinta. Selain itu juga terdapat penampilan dari siswa yang bermain band diiringi lantunan instrumen marching band berupa terompet. Band ini membawakan lagu surat cinta untuk Starla yang disenandungkan oleh Virgoun. Pada kesempatan ini, civitas dan siswa melebur jadi satu kesatuan dan menyenandungkan bersama lagu tersebut.

Civitas day 2017 memang telah berakhir, namun semangat dalam memupuk kebersamaan antar civitas dan siswa mempermudah proses sinergi antara keduanya. Karena siswa dan civitas merupakan komponen paling penting dalam proses pembangunan manusia dan pengembangan prestasi madrasah tercinta. Oleh karena itu, kebersamaan yang telah terjalin kemarin semoga dapat dihangatkan kedepannya sebagai bahan aktualisasi bersama guna menyongsong kemajuan dan mempertahankan kedigdayaan madrasah kita tercinta!

*Satrio Alif Febriyanto
Koordinator Divisi Jurnalistik OS Cendekia
Jurnalis IC

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*