Geliat Pramuka Ambalan Habibie-Ainun MAN Insan Cendekia Serpong

Pramuka merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk membina karakter siswa sekaligus menambah keterampilan hidup siswa dalam bermasyarakat. Saat ini, pramuka dianggap sebagai instrumen penting pendidikan karakter siswa semua tingkat pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga tinggi. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menjadikan Pramuka sebagai ekstrakulikuler wajib berdasarkan aturan hukum yang mengatur tentang Kurikulum 2013/K – 13.

MAN Insan Cendekia Serpong sendiri telah menggunakan K – 13, sehingga pramuka pun dijadikan ekstrakulikuler wajib bagi siswa kelas 10 mulai tahun ajaran 2013/2014. Sejak saat itulah kegiatan pramuka mulai berlangsung secara aktif di MAN Insan Cendekia Serpong. Oleh karena itu, terbentuklah suatu gugus depan sebagai perp anjangan satuan pramuka tingkat ranting yang dikenal dengan kata gugus depan. Gugus depan atau biasa disingkat Gudep yang dimiliki MAN Insan Cendekia Serpong adalah 02.061 untuk Putra(Pa) dan 02.062 untuk Putri(Pi).

Dalam perjalanannya, kegiatan pramuka di MAN Insan Cendekia Serpong mengalami stagnansi pada masa – masa awal. Hal ini dikarenakan pramuka kurang diminati oleh peserta didik pada masa itu dan kurangnya pengetahuan mengenai cara pengorganisasian kegiatan pramuka di tingkat SMA/MA. Pramuka pangkalan MAN Insan Cendekia Serpong pertama kali mengikuti kegiatan kepramukaan saat Perkemahan Pramuka Madrasah Daerah (PPMD) Banten tahun 2015.

Era baru ditapak saat tahun pelajaran 2015 – 2016. Pramuka Insan Cendekia melakukan strukturisasi dan pengorganisasian kegiatan pramuka untuk pertama kalinya di MAN Insan Cendekia Serpong. Hasil dari tindakan tersebut adalah terbentuknya Ambalan Habibie – Ainun. Mengapa Habibie – Ainun? Hal ini dikarenakan peran besar keduanya dalam memprakasai berdiri dan berkembangnya MAN Insan Cendekia Serpong. Pemilihan nama ini sangat unik karena biasanya nama ambalan berasal dari nama pahlawan/tokoh yang telah wafat, sedangkan MAN Insan Cendekia Serpong memiliki nama ambalan yang berasal dari tokoh yang masih hidup yaitu Bapak BJ. Habibie.

Ambalan Habibie-Ainun

Ambalan Habibie – Ainun yang berpangkalan di MAN Insan Cendekia Serpong yang masih muda ini sudah dapat berbicara banyak dalam ranah kepramukaan. Hal ini dibuktikan dengan raihan 13 piala yang berhasil dicapai selama tahun ajaran 2016 – 2017. Perolehan piala ini dicapai dengan rincian 5 piala dari Lomba Pramuka dan Kreasi (LOKASI) di Universitas Pamulang, 5 piala dari Lomba Giat Prestasi dan Festival Kepramukaan yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, dan 3 piala dari Perkemahan Perkemahan Pramuka Madrasah Daerah(PPMD) Banten 2017.

Selain itu, Ambalan Habibie – Ainun telah dapat mengirimkan kontingennya ke kegiatan kepramukaan tingkat nasional. Dalam Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN), Ambalan Habibie – Ainun mengirimkan 1 perwakilannya atas nama Alif Alqodri. Dalam acara Raimuna Nasional (Rainas), ambalan Habibie – Ainun mengirim 2 orang perwakilan yang turut menjadi bagian kontingen Kota Tangerang Selatan atas nama M.Rafly dan Atik Pereztia Litanjuasari.

Dalam menapaki kemajuan yang telah dicapai dalam waktu singkat oleh Ambalan Habibie – Ainun sudah sepatutnya dibanggakan dan diwaspadai. Bangga karena dapat berprestasi gemilang dan waspada karena upaya dalam mempertahankan prestasi lebih sulit daripada merengkuh prestasi. Oleh karena itu, sudah sepatutnya tiap anggota Ambalan Habibie – Ainun terus melakukan pembenahan dan aktualisasi diri guna menyongsong prestasi gemilang!

Satrio Alif Febriyanto
Ketua Dewan Ambalan Habibie
Koordinator Divisi Jurnalistik OS Cendekia
Jurnalis IC

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*