Gufron Tim Olimpiade Kimia Indonesia di Denmark 2000

Gufron Gozali bersama istri

The International Chemistry Olympiad (IChO) adalah sebuah kompetisi internasional tahunan di bidang kimia bagi pelajar SMU, yang diselenggarakan sejak lebih dari 30 tahun yang lalu. Kompetisi ini bertujuan untuk menstimulasi para pelajar yang memiliki minat di bidang kimia untuk secara inovatif dan kreatif memecahkan masalah kimia. Kompetisi IChO diharapkan dapat mempererat hubungan internasional antara sesama pelajar dari berbagai negara serta mendorong hubungan dan kerjasama internasional di bidang kimia.

Kompetisi ini diselenggarakan setiap tahun sekitar pertengahan bulan Juli di negara penyelenggara yang telah ditetapkan sebelumnya. Setiap negara dapat mengirimkan 4 orang delegasinya, yang pada saat kompetisi berlangsung berusia tidak lebih dari 20 tahun. Kompetisi berlangsung kurang lebih 1 minggu dengan materi ujian yang melingkupi ujian praktek dan teori. Materi ujian yang diberikan melingkupi hampir seluruh bidang ilmu kimia dan terapannya (kimia analitik, kimia organik dan anorganik, biokimia, kimia fisika, kimia kuantum, dsb).

Proses pemilihan Tim Olimpiade Kimia Indonesia : Peserta yang mewakili SMU-nya diseleksi secara bertahap dari tingkat propinsi sampai pusat yang diselenggarakan dengan kerjasama antara Depdikbud dan Universitas Indonesia MIPA Kimia. Calon peserta IChO sebelum mengikuti kompetisi diberikan matrikulasi meliputi teori dan praktikum selama kurang lebih 2 minggu di Universitas Indonesia.

Tim Olimpiade Kimia Indonesia untuk pertama kalinya terjun dalam olimpiade di Vancouver, Kanada pada tahun 1997; tim ini terdiri dari 4 siswa. Sampai tahun 2003, prestasi Tim Olimpiade Kimia Indonesia cukup membanggakan dengan hasil 2 perak dan 5 perunggu.

Tahun 2004, kompetisi IChO ke-36 akan diselenggarakan di Jerman. Redaksi chem-is-try.org berharap wakil dari Indonesia bisa kembali berprestasi. Selamat berjuang Tim Olimpiade Kimia Indonesia!

Para siswa yang berminat mengikuti kompetisi tersebut dapat melihat atau mendownload kumpulan soal-soal olimpiade kimia melalui kolom link IChO atau di kumpulan soal-soal IChO.

Tim Olimpiade Kimia Indonesia

1997 Vancouver, Canada : Bonar A. Sihombing, Made Budiarta, M. Rachmat Kaimudin, Sindhunata
1998 Melbourne, Australia : Soetrisno, Lingga Resineta, Frederyk A. Ngantung
1999 Bangkok, Thailand : Hendra Purnawali, Rahmat Santoso, Ketut Nita Santoso
2000 Copenhagen, Denmark : Nanung Dwi Putra, Arief Adhitya, Gufron Gozali (SMU Insan Cendekia Tangerang), Noverino Rifai
2001 Bombay, India : David Sugiman (Perak), Purnomo Arif Abdillah (Perunggu), Ifnu Bima Fatkan, Yenni Budiman
2002 Groningen, Belanda : Purnomo Arif Abdillah (Perunggu), Teddy Salim, Budiman, M Farid
2003 Athens, Yunani : Ari Yustisia Akbar (Perak), Teddy Salim (Perunggu), Cipto Liusman (Perunggu), Damar Yoga Kusuma (Perunggu)
2004 Kiel, Jerman : Albert (Perunggu), Janice Alethea Deceline (Perunggu), Lisendra Marbelia (Perunggu), Nurbudianto

Sumber : lipi.go.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*