Haris Juara MTQ Nasional 2016 Cabang Lomba Fahmil Quran

Haris Abdul majid
Peserta final bersama para juri (Haris ketiga dari kanan)

Mendengar atau membaca berita MAN Insan Cendekia Serpong juara lomba olimpiade sains tingkat nasional dan internasional mungkin sudah biasa, banyak yang belum tahu bahwa di MAN IC Serpong siswa bukan hanya mengikuti lomba bidang sains saja tapi semua bidang. Ini adalah salah satu contoh bahwa siswa MAN IC Serpong tidak hanya jago dibidang sains tapi juga hebat dibidang agama.

Haris Abdul MajidHaris Abdul Majid siswa kelas XII MIPA yang juga merupakan Ketua Umum OSIS periode 2015-2016 sebagai satu-satunya siswa MAN IC Serpong yang menjadi peserta MTQ Nasional dan berhasil menjadi juara 3 Cabang Fahmil Quran. Haris bersama 2 orang temannya yang mewakili Banten setelah sebelumnya menjuarai tingkat Kota Tangerang Selatan kemudian tingkat Provinsi dan akhirnya bisa mencapai tingkat nasional.

Sekadar diketahui, MTQ Nasional ke-26 diikuti tak kurang dari 1.200 peserta. Total peserta yang mendaftar sebenarnya berjumlah 1.303, tapi 103 di antaranya tidak lolos administrasi. MTQ Nasional ke-26 terbagi dalam tujuh cabang dan 18 golongan lomba. Ketujuh cabang tersebut adalah Tilawah Alquran, Hifzh Alquran, Tafsir Alquran, Fahm Alquran, Syarh Alquran, Khath Alquran dan Menulis Makalah Ilmiah Alquran (M2IQ). Terdapat 18 golongan lomba, terdiri atas enam golongan cabang tilawah Alquran (dewasa, remaja, anak-anak, tartil, cacat netra, serta qiraah sab’ah), lima golongan cabang Hifzh Alquran (1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz), tiga golongan cabang tafsir Alquran (bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris) serta empat golongan cabang Khath Alquran (naskah, hiasan mushaf, dekorasi, dan kontemporer).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*