Kamil Ismail Siswa MAN IC Serpong Meraih Perak IESO 2010

Kamil Ismail
Kamil Ismail

Kamil Ismail siswa MAN Insan Cendekia Serpong meraih perak International Earth Science Olympiad (IESO 2010) ke-4 yang berlangsung di Indonesia. Perhelatan dunia, International Earth Science Olympiad atau Olimpiade Kebumian (IESO 2010) ke-4, Kegiatan yang digelar 19-27 September 2010 ditutup secara resmi oleh Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendiknas, Prof. Suyanto, Ph.D., di University Club UGM. Acara juga dihadiri oleh Rektor UGM, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh 19 negara ini terlihat peserta dari negara-negara Asia mendominasi kejuaraan. Peserta dari Indonesia, Rio Priandri Nugroho (SMAN 3 Yogyakarta) berhasil meraih medali emas. Wakil dari Indonesia lainnya yang berhasil meraih medali perak ialah Kamil Ismail (MAN Insan Cendekia Serpong Banten), Asri Oktavioni (SMAN 8 Jakarta), dan Mikey (SMAN 1 Pekanbaru). Asri Oktaviani juga berhasil masuk ITFI (International Team Field Investigation Award).

kamil ismail
Kamil Ismail bersama peserta IESO
Negara-negara yang mendominasi kejuaraan IESO 2010, di antaranya Taiwan, Korea, Jepang, Thailand, Kamboja, dan Philipina. Bahkan, tujuh peserta yang meraih medali emas semuanya berasal dari Asia. Mereka adalah Hung-I Yang (Taiwan), Po-Han Huang (Taiwan), Rio Priandri Nugroho (Indonesia), Jhih-Cing Jhang (Taiwan), Changhyun Choi (Korea), Kazuhiro Noda (Jepang), dan Ho Yeon Shi (Korea).

Lomba dalam IESO terdiri atas ujian tertulis dan praktik. Untuk olimpiade kebumian kali ini ada hal yang khusus karena terdapat ujian praktik di lapangan, meliputi bidang geologi, oceanografi, astronomi dasar dan meteorologi. Selain di lapangan, UGM juga menjadi tempat untuk ujian tertulis. Adapun praktik di lapangan berlangsung di kabupaten Gunung Kidul, eks lapangan udara Gading dan Pantai Baron.

Sembilan belas negara yang mengikuti olimpiade kebumian, yaitu Kamboja, Perancis, India, Indonesia, Ukraina, Italia, Jepang, Taiwan, Kuwait, Maladewa, Nepal, Nigeria, Srilanka, USA, Philipina, Rumania, Thailand, Rusia dan Korea, merupakan kegiatan yang diikuti siswa-siswa pilihan hasil seleksi dari negara masing-masing. Peserta IESO tidak hanya dipilih berdasarkan satu pemenang medali emas yang menguasai satu bidang ilmu saja. Mereka harus tahu berbagai bidang studi, seperti oceanografi, meteorologi, astronomi, dan geologi. Indonesia adalah negara yang keempat menjadi tuan rumah penyelenggaraan IESO. Untuk tahun depan, IESO akan diadakan di Italia. (Humas UGM/Satria).

Sumber: ugm.ac.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*