Kunjungan Guru se-ASEAN ke MAN IC Serpong

Sore ini Senin, 28 November 2016 MAN Insan Cendekia Serpong mendapat kehormatan karena menerima kunjungan dari 155 pimpinan Ponpes dan guru agama se-ASEAN dalam rangkaian kegiatan “The Jakarta Workshop on Promoting Cross Cultural Educational Exchanges in ASEAN”. Kegiatan ini merupakan kerjasama Pusat Pengkajian lslam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta didukung penuh oleh Misi Jepang di ASEAN dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diselenggarakan pada 28-29 November 2016, di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta.

persahini-sidikBertempat di ruang Teater Lantai 3 para peserta mendengarkan pemaparan dari ibu Kepala MAN Insan Cendekia Serpong Persahini Sidik, M.Si atau akrab disebut ibu Penny. Dalam pemaparannya dihadapan para guru agama dan pimpinan ponpes se-ASEAN ibu Penny menjelaskan sistem pembelajaran yang menekankan pada keseimbangan Iptek dan Imtaq, yang berhasil menghasilkan siswa yang cerdas dan berakhlaq. Prestasi-prestasi MAN IC Serpong dalam kancah nasional dan internasional juga mengisi slide yang ditampilkan, serta keberhasilan para alumni yang diterima di Perguruan Tinggi favorit dalam dan luar negeri. Ibu Penny menambahkan salah satu negara yang sering menjadi tujuan para alumni adalah Jepang.

Selesai pemaparan tentang Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong dilanjutkan dengan tanya jawab dari para peserta yang mayoritas berasal dari Indonesia. Delegasi Malaysia Nur Azzam bertanya “bagaimana hubungan dan kontribusi para alumni IC?” tak kalah delegasi dari Brunei Darussalam menanyakan bagaimana pendidikan akhlaq(karakter) di MAN Insan Cendekia serpong. Lain halnya Mr. Miyamoto San (Kedutaan Besar Jepang) tergelitik untuk bertanya “Mengapa alumni Insan Cendekia lebih memilih negara Jepang untuk melanjutkan studi?”. Semua pertanyaan tersebut dijawab secara jelas dan lugas oleh ibu kepala madrasah.

img_3965Acara kunjungan ditutup dengan pemberian cenderamata dari MAN IC Serpong kepada para perwakilan dari Malaysia, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina dan Jepang. MAN Insan Cendekia Serpong merupakan satu-satunya lembaga pendidikan yang dikunjungi dalam kegiatan Lintas Budaya guru agama se-ASEAN.

Penampilan guru MAN IC Serpong membawakan lagu "Sajadah panjang" di sela acara
Penampilan guru MAN IC Serpong membawakan lagu “Sajadah panjang” di sela acara
Guru agama se-ASEAN berfoto bersama
Guru agama se-ASEAN berfoto bersama

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*