Kunjungan ke Mahkamah Konstitusi, Siswa: “Bagaimana Cara Memakzulkan Presiden?”

Selasa, 15 November 2016
ahmad-edi-subiyanto-panitra-mk-dan-yus-kusnandar-guru-man-ic-serpong
Siswa kelas XI MAN Insan Cendekia Serpong dalam rangkaian kegiatan Aplikasi Pembelajaran Lapangan matapelajaran PPKn mengunjungi Mahkamah Konstitusi, kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman lapangan kepada siswa ke lembaga tinggi negara. Sesampainya di Mahkamah Konstitusi (MK) siswa mendengarkan penjelasaan tentang sejarah, landasan hukum serta fungsi dan tujuan MK didirikan.

Agil
Agil
Diakhir pemaparan dari panitra MK Ahmad Edi S., SH ditutup dengan tanya jawab, Agil Wijaya bertanya dengan mengawalinya dengan mengemukakan peristiwa Aksi Damai umat Islam 4 November 2016 (411) yang menuntut penegakan hukum terhadap Ahok, kemudian dia melanjutkan “Situasi terakhir justru ada pihak-pihak yang menginginkan presiden Jokowi dimakzulkan, bagaimana prosedur di MK jika benar terjadi pemakzulan terhadap presiden?”

Secara singkat Ahmad Edi S.,SH menjelaskan tahapan-tahapannya; Pertama, Harus diusulkan oleh DPR bahwa Presiden telah melakukan pelanggaran hukum, Kedua, setelah itu MK akan mengadili dan memutus apakah benar presiden telah melanggar hukum, Ketiga jika MK memutuskan bahwa benar presiden telah melanggar hukum maka selanjutnya hasil keputusan tersebut dibawa kembali ke DPR dan MPR untuk diteruskan sidang di DPR dan MPR. Penjelasan lebih rinci terdapat pada pasal 7A dan 7B UUD 45.

Setelah pemaparan dan tanya jawab tentang MK, dilanjutkan dengan siswa melihat-lihat Pusat Sejarah Konstitusi yang berada di gedung MK. Seperti museum modern fakta-fakta dan sejarah konstitusi ditampilkan dalam bentuk audio-visual,foto dan diorama siswa terlihat sangat antusias. Setelah dari Mahkamah Konstitusi kegiatan Aplikasi Pembelajaran Lapangan dilanjutkan ke Museum Bank Indonesia.
pusat-sejarah-konstitusi
pusat-sejarah-konstitusi-2
mahkamah-konstistusi

1 Comment

  1. Sebenarnya agil bertanya seperti ini ” Pada kejadian demo Ahok kemarin, ada sentimen untuk menggulingkan presiden Jokowi, lalu apa yang dilakukan MK ? dan apabila terjadi Coup seberhasil apapun itu, apakah akan menjadi pemerintahan yang sah ?”

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*