MAN IC Peringkat Kedua Tertinggi Nasional Hasil UN

Siswa MAN Insan Cendekia Serpong
Siswa MAN Insan Cendekia Serpong

Jumat, 20 Juni 2014, 19:46 –

Jakarta (Pinmas) —- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong menempati peringkat kedua tertinggi secara nasional untuk hasil Ujian Nasional (UN) Tahun 2014. MAN IC hanya kalah dariSMA Negeri 1 Denpasar Bali.

“Alhamdulillah, MAN IC kembali menunjukan prestasinya dengan menempati peringkat kedua nasional untuk hasil UN 2014,” terang Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan kepada Pinmas, Jakarta, Jumat (20/06).

M. Nur Kholis menjelaskan bahwa Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merelease lima besar hasil UN SMA/SMK/MA dan MAN IC menempati posisi kedua.

SMA/SMK/MA yang masuk lima besar tertinggi hasil UN tahun 2014: 1) SMAN 1 Denpasar, 2). MAN IC Serpong, 3) SMA Katolik 1 BPK Penabur, 4) SMAN 1 Gianyar, dan 5). SMAN 3 Denpasar.

UN MAN IC Serpong diikuti oleh 118 siswa, dengan rincian Jurusan IPA 88 siswa, dan Jurusan IPS 30 siswa. “Nilai Jurusan IPA tertinggi 56.65 dan terendah 47.90. Adapun untuk Jurusan IPS, nilai tertingginya 54.60 dan terendah 48.55,” terang M. Nur Kholis Setiawan.

Menurut M. Nur Kholis, prestasi ini semakin memperkokoh kualitas pendidikan di madrasah. Dengan demikian, pandangan umum yang mengatakan bahwa madrasah adalah lembaga pendidikan “kelas dua” semakin terjawab, bahwa itu tidak benar.

Doktor lulusan Jerman ini mengaku bahwa direktorat yang dipimpinnya selalu mendorong dan memfasilitasi program dan kegiatan ke arah perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah di Kemenag melalui madrasah di semua jenjang.

Hal itu misalnya dilakukan melalui skema pendampingan dalam bentuk kegiatan-kegiatan seperti kompetisi sains madrasah yang bertujuan mendorong siswa/i madrasah berpacu dengan prestasi. (mkd/mkd)

Sumber: http://www.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=198710

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*