MAN IC Serpong Beda Dengan Sekolah Unggulan lain

Masjid Ulil Albab MAN Insan Cendekia Serpong

Lulusan MAN Insan Cendekia diterima di luar negeri
Lulusan MAN Insan Cendekia diterima di luar negeri
Fanpage Hipnoterapi untuk anak menulis:

MAN Insan Cendekia, Serpong, adalah sekolahnya anak-anak jenius. Bayangkan, dalam 1 angkatan yang kira-kira jumlahnya 100 siswa lebih, 10 siswa di antaranya diterima di universitas luar negeri bergengsi, dan semuanya BEASISWA!

Selain yang diterima di kampus luar negeri, selebihnya hampir semua biasanya masuk di perguruan tinggi negeri. Dan itu jelas bukan perkara yang gampang.

Saya sempat 2 kali membimbing anak-anak kelas XII, untuk memotivasi mentalnya agar senantiasa siap fight di ujian nasional dan ujian-ujian lainnya. Saya lihat, sesungguhnya mereka tidak perlu boosting motivasi dan bimbingan lagi. Mereka adalah orang-orang pilihan yang sudah memiliki semua persyaratan untuk sukses!

MAN Insan Cendekia adalah sekolah unggulan. Sekolah yang dibentuk oleh idealisme tinggi untuk menghadirkan sistem pendidikan yang paripurna. Kompetensi akademik dengan bobot prioritas di iptek (ilmu pengetahuan & teknologi), serta kompetensi mental dalam format imtaq (keimanan dan ketaqwaan), menjadi sebuah sinergi ideal yang membuat siswa unggul dalam arti sebenar-benarnya.

Banyak memang sekolah yang melabeli diri sebagai sekolah unggulan. Tapi, sebagian besar dilatari motivasi bisnis. Untuk masuk saja para orang tua siswa bahkan harus merogoh kocek Rp 50 juta hingga Rp 150 juta. Pun sekolah unggulan negeri yang dulu distempeli RSBI, biayanya jauh lebih mahal dari sekolah reguler biasa. Bahkan menurut saya lebih parah, karena sekolah-sekolah tersebut cenderung menerapkan pungli dengan memungut SPP dan biaya ini itu tanpa resmi, tanpa tertib administrasi.

Sementara MAN Insan Cendekia, tak sepeser pun meminta bayaran pada siswanya. Bahkan biaya hidup siswa selama di asrama pun ditanggung oleh sekolah, GRATIS!

Tak heran, setiap tahun, begitu membludak peminat untuk masuk di dalamnya. Seleksi pun dilakukan ketat dan fair, sehingga mau anak orang miskin atau orang kaya, semua diperlakukan sama. Anak pejabat, anak jenderal, anak politisi, anak tukang batu, tukang tambal ban, semua setara!

Itulah sistem yang dibentuk oleh orang-orang idealis.

Sistem yang membuat saya tergetar melihat idealisme dan rangkaian prestasinya; sekaligus bangga karena pernah dua kali berdiri di hadapanhipnoterapi mereka.

Saya berharap, MAN Insan Cendekia menjadi role model dari sistem pendidikan Indonesia.

Selamat atas semua prestasi yang sudah ditorehkan oleh MAN Insan Cendekia. Semoga, kelak, kalianlah yang akan membawa bangsa ini menjadi bangsa besar yang disegani!

 

Sumber: Facebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*