MAN Insan Cendekia Sapu Bersih Gelar Juara OIC RTV

 

 

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong menjadi juara Olimpiade Indonesia Cerdas (OIC). Berjuang selama dua bulan, dari babak penyisihan hingga babak grand final putaran kedua. Akhirnya MAN Insan Cendekia berhasil merebut Piala Direktorat Pendidikan Menengah serta uang senilai Rp50 juta. Grand final OIC putaran kedua digelar, Selasa malam, 2 Desember 2014.

Tim MAN Insan Cendekia yang diwakili oleh Imam, Gilang, dan Hikam berhasil mengungguli dua tim lainnya pada babak grand final putaran kedua ini dengan memperoleh 747 poin. Disusul oleh Tim SMA Negeri 1 Depok yang diwakili Edo, Abi dan Rafli yang meraih juara kedua dengan perolehan poin 590. Sementara itu Tim SMA Negeri 28 Jakarta yang diwakili Rifa, Nafla, Alif harus puas menjadi juara ketiga dengan perolehan poin 373.

Meski demikian, semua perserta yang masuk ke babak grand final semuanya mendapatkan hadiah berupa uang tunai. SMA Negeri 1 Depok yang berhasil meraih juara kedua mendapat hadian uang senilai Rp30 juta dan SMA Negeri 28 Jakarta yang berhasil meraih juara ketiga mendapatkan hadiah uang senilai Rp20 juta.

Grand final OIC sendiri digelar selama dua putaran. Pada putaran pertama yang digelar pada hari Senin malam 1 Desember 2014. MAN Insan Cendekia dan SMA Negeri 1 Depok sempat mendapatkan poin yang sama yakni 325. Pada saat itu pertarungan berjalan sangat seru dan menegangkan. Sementara  itu, SMA Negeri 28 Jakarta Selatan sendiri pada grand final putaran pertama memperoleh 210 poin.

Para peserta OIC itu bertarung mengerahkan seluruh kemampuannya sejak Oktober 2014. Berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran. Kemudian tantangan berupa kemampuan mengingat diberikan kepada seluruh perserta OIC dari babak penyisihan hingga babak grand final putaran kedua.

Pertanyaan yang diberikan kepada peserta OIC bervariasi mulai dari pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, PPKN, Pengetahuan Umum dan lainnya. Peserta juga dintutut memiliki daya ingat yang tinggi, sebab dalam OIC ini ada sesi dimana peserta diuji daya ingatnya.

OIC_jpg_thumb

Performance

Pada gelaran OIC ini, tidak hanya kemampuan materi pelajaran saja yang dipertandingkan. Tetapi perwakilan siswa dari tiga sekolah yang masuk grand final OIC itu dituntut harus bisa menunjukkan kemampuannya dalam bidang seni.

Perwakilan siswa dari MAN Insan Cendekia, SMA Negeri 1 Depok dan SMA Negeri 28 Jakarta harus menunjukkan performance-nya. Baik itu bermain musik, bernyanyi maupun menari. Lagi-lagi yang berhasil menjadi juara pertama adalah MAN Insan Cendekia dan mendapatkan uang senilai Rp1,5 juta.

Salah satu Dewan Juri OIC, Ira Koesno mengatakan performancen dari MAN Insan Cendekia ini sangat menarik terutama dari pemilihan lagu dan pemilihan kostum. Lagu yang dipilih para siswa MAN Insan Cendekia adalah medley lagu-lagu daerah dan menggunakan kostum baju adat yang menggambarkan keragaman bangsa Indonesia.

“Arasemen lagu yang dipilih sangat bagus. Memilih lagu daerah patut diapresiasi karena anak muda harus menciantai karya negeri sendiri. Kemudian meski kostum sudah bagus. Tapi koreografinya masih kurang,” terangnya.

OIC merupakan tayangan talent competition yang digagas RTV. Program ini mengusung format yang dahulu dikenal dengan nama ‘cerdas cermat’, tetapi dikemas dengan lebih modern dan berisi pertanyaan yang bervariatif dengan pendekatan interaktif.  

Sumber: rtv.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*