Nabil Satria Menebar Inspirasi di MAN IC Bangka Tengah

M. Nabil Satria Faradis alumni MAN IC Serpong tahun 2012 dan lulusan terbaik Universitas Gajah Mada tahun 2016 membagi pengalaman dan inspirasi ke siswa MAN Insan Cendekia Bangka Tengah. Rabu, 17 Mei 2017 bertempat di kampus MAN IC Bangka Tengah Nabil dihadapan seluruh siswa kelas X dan XI menceritakan pengalaman selama mengenyam pendidikan di MAN IC Serpong serta memberi motivasi dan prinsip-prinsip hidup yang diambil dari mahfuzhot (kata-kata mutiara Arab) berikut:

1. Man Jadda WaJada
“Barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil!”
Nabil menceritakan bagaimana perjuangannya ketika belajar di MAN IC Serpong sebelum Subuh sudah bangun dan baru bisa tidur rata-rata lewat tengah malam karena banyaknya tugas dan materi yang harus dipelajari. Tapi hal ini tidak membuatnya surut karena meyakini siapa yang bersungguh pasti berhasil. Dia membuktikan dengan capaian akademik dan prestasi di OSN meraih Perak astronomi 2011 dan bisa bertemu Menteri Agama.

2.Man Shabara Zhafira
“Barangsiapa yang bersabar maka dia akan beruntung!”
Nabil pernah gagal masuk universitas yang sangat dia inginkan yaitu ITB tapi tidak menyurutkan semangat dan langkahnya dan berhasil masuk jurusan Teknik Mesin UGM. Saat di kampus raihan prestasi banyak diraih melalui lomba-lomba mahasiswa yang diikuti membawanya ke beberapa negara Asia : Singapur, Thailand, Malaysia dan Hongkong.

3. Man Yuzro’ Yahsud
“Siapa yang menanam, akan menuai yang ditanam!”
Akhir masa studinya di UGM Nabil mencapai “puncak prestasinya” menjadi Wisudawan Terbaik Raih IPK 3,99 Tertinggi di UGM 2016 serta Juara Pertama YSEALI 2016 bersama 2 rekannya yang lain dia berhasil menciptakan “Teknologi MINO” alat yang berfungsi meningkatkan produksi ternak ikan. Dengan penemuannya ini membawanya ke Texas USA dan India.

4. WA MAN SARA ALA DARBI WASHALA
“Dan siapa yang menapaki jalan Allah SWT, akan sampai ke tujuan!”
Pada bagian akhir Nabil menyampaikan kepada siswa MAN IC Bangka Tengah agar jangan melupakan ALLAH karena itulah tujuan akhir kita. Dia sempat menyebutkan slogan MAN IC Serpong yang cukup akrab di dengar beberapa tahun terakhir ini yaitu:

“Belajar adalah ibadah, prestasi untuk dakwah”

Selama kurang lebih 1,5 jam Nabil menginspirasi siswa MAN IC Bangka Tengah yang terlihat sangat antusias mendengarkan serta ditutup dengan sesi tanya jawab dengan pertanyaan cerdas dari para siswa. Meski MAN IC Bangka Tengah baru 2 tahun namun prestasi MAN IC yang baru lahir ini sudah sangat membanggakan dibuktikan dengan 6 siswa sudah meraih medali OSN tingkat Kab.Bangka Tengah.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*