PPDB MAN INSAN CENDEKIA 2017

A. Alur dan Jadwal PPDB MAN Insan Cendekia 2017:
1. Pendaftaran (online) 1 Februari – 25 Februari 2017
2. Pengumuman Peserta Tes 11 Maret 2017
3. Pelaksanaan Tes Seleksi 18 Maret 2017
4. Pengumuman Kelulusan 10 April 2017
5. Pendaftaran Ulang 11 – 20 April 2017
6. Awal Masuk Asrama 15 Juli 2017
7. Awal Kegiatan Madrasah 17 Juli 2017

B. Persayaratan Umum dan Khusus
Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dilakukan melalui dua jalur yaitu Jalur Tes dan Jalur Prestasi.

1. Persyaratan Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru
a) Persyaratan Umum Untuk Jalur Tes dan Jalur Prestasi :

1) Peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2016/2017.
2) Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2017
3) Pada semester 1 kelas IX tahun pelajaran 2016/2017 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal.
Surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik dengan
ketentuan sebagai berikut:

a) Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar 1-5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksimal 5 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah.

b) Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar > 5 kelas, dapat
mengirimkan peserta maksimal 7 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah.
*Rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2016/2017 termasuk di dalamnya kelas reguler, kelas unggulan, dan kelas akselerasi.

c) Madrasah/Sekolah yang berada di Kota Pekalongan Provinsi Jawa Tengah, Propinsi Aceh, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Bengkulu, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Papua Barat, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi NTB, Provinsi Maluku Utara dapat mendaftarkan siswanya maksimal 20 orang.

d) Jumlah Peserta Didik pada Madrasah/Sekolah sebagaimana tersebut pada huruf c) yang dapat memilih MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo atau MAN IC Jambi sebagai pilihan pertama harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :
1) Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar 1 – 5 kelas maksimal 5 siswa,
2) Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar > 5 kelas maksimal 7 siswa.

e) Khusus pendaftar yang memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 10 juz dan atau berprestasi dalam MTQ tingkat Propinsi atau Nasional, dapat diberikan rekomendasi/surat keterangan dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar ketentuan pada poin 3) huruf a,b,dan c di atas.

b. Persyaratan Khusus Untuk Jalur Prestasi :

Pendaftar yang mempunyai prestasi akademik dibidang sains pada tingkat nasional dan atau internasional diberikan kesempatan untuk menjadi peserta didik pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia melalui jalur prestasi tanpa melalui tes akademik dan tes potensi belajar apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :

1) Peraih medali emas pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional yang diselenggarakan Kementerian Agama atau Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan melampirkan bukti prestasinya.

2) Peraih medali emas pada lomba olimpiade sains tingkat internasional dengan melampirkan bukti prestasinya.

C. Mekanisme Pendaftaran :
Seluruh pendaftar PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia baik jalur tes maupun jalur prestasi melakukan pendaftaran dengan mekanisme sebagai berikut :
a) Mengunggah (upload) pas foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm dalam bentuk JPG/PNG (maks. 300 kb).

b) Mengunggah (upload) berkas persyaratan;
1. Rapor kelas IX semester 1 (gazal) yang telah disahkan diupload dalam bentuk file pdf dengan ukuran file maksimal 1 MB.

2. Sertifikat/penghargaan prestasi di bidang sebagaimana disebutkan di poin c.4 dalam bentuk JPG/PNG (maks.300 kb).

3. Surat Keterangan hafalan Al-Qur’an 10 juz atau lebih sebagaimana disebutkan di poin 3 huruf e) dalam bentuk JPG/PNG (maks. 300 kb).

4. Akta kelahiran/surat kenal lahir dalam bentuk JPG/PNG (maks. 300 kb).

5. Bagi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu secara ekonomi harap menyertakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam bentuk JPG/PNG (maks.300 kb).

D. Pilihan Madrasah
Calon peserta didik baru dapat memilih maksimal 2 pilihan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia.

Berikut daftar MAN Insan Cendekia beserta alamat websitenya:
01. MAN IC Serpong, Banten www.ic.sch.id
02. MAN IC Gorontalo, Gorontalo www.icg.sch.id
03. MAN IC Jambi, Jambi www.icjambi.sch.id
04. MAN IC Aceh Timur, Aceh www.icat.sch.id
05. MAN IC Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan www.insancendekiaoki.sch.id
06. MAN IC Siak, Riau www.icsiak.sch.id
07. MAN IC Paser, Kalimantan Timur www.icpaser.sch.id
08. MAN IC Kota Pekalongan, Jawa Tengah www.icp.sch.id
09. MAN IC Bangka Tengah, Kep. Bangka Belitung www.icbabel.sch.id
10. MAN IC Padang Pariaman, Sumatera Barat www.icpar.sch.id
11. MAN IC Bengkulu Tengah, Bengkulu www.icbenteng.sch.id
12. MAN IC Kota Batam, Kepulauan Riau www.icbatam.sch.id
13. MAN IC Tanah Laut, Kalimantan Selatan www.ictala.sch.id
14. MAN IC Sambas, Kalimantan Barat www.icsambas.sch.id
15. MAN IC Kendari, Sulawesi Tenggara www.manickendari.sch.id
16. MAN IC Kota Palu, Sulawesi Tengah www.manickotapalu.sch.id
17. MAN IC Sorong, Papua Barat www.icsorong.sch.id
18. MAN IC Tapanuli Selatan, Sumatera Utara www.ictapsel.sch.id
19. MAN IC Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat www.iclotim.sch.id
20. MAN IC Maluku Utara www.icmu.sch.id

E. Kuota siswa MAN Insan Cendekia

F. Materi Seleksi
Materi seleksi tertulis PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia meliputi Tes Potensi Belajar (TPB) dan Tes Akademik untuk bidang studi: Matematika, Pengetahuan Dasar (IPA dan IPS), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

G. Waktu dan Tempat Seleksi
Kegiatan tes/seleksi tertulis PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia hanya dilaksanakan 1 (satu) kali dan serentak di semua lokasi tes seluruh Indonesia pada:
Hari,Tanggal : Sabtu, 18 Maret 2017
Waktu : 07.30 waktu setempat s.d. selesai

H. Biaya Pendidikan
Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 3192 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia sebagai Madrasah Berasrama, dalam rangka memberi layanan pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia yang berkeadilan, maka terhitung mulai tahun pelajaran 2015/2016 peserta didik baru MAN Insan Cendekia dikenakan biaya personal berupa biaya asrama, makan, dan pakaian
seragam yang tidak dianggarkan dalam DIPA Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, kecuali bagi peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan menyertakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH).

Pengelolaan biaya personal peserta didik MAN Insan Cendekia dilaksanakan oleh Komite madrasah. Besaran biaya personal dimaksud, bergantung pada masing-masing lokasi MAN Insan Cendekia, dengan kisaran Rp. 1.000.000,- sampai Rp. 1.500.000,- per bulan.

I. Pendaftaran Online
PPDB MAN Insan Cendekia dilakukan secara online melalui website ic.ppdbonline.id semua data dan berkas-berkas diupload, panitia tidak melayani pengiriman berkas via pos

79 Comments

  1. Saya pingin memasukkan anak saya ke ic serpong.supaya mendapatkan pengetahuan yang lebih baik dan visioner.semoga bisa ikut test dan di terima .amin

  2. klik di website ic.ppdbonline.id kemudian klik di download panduan ppdb,di sebelah kanan atas, nanti di halaman akhir ada contohnya, pak.

  3. maaf, untuk rapor kelas 7 semester 1 sekolah anak saya menggunakan skala 1-4 karna mengikuti standar rapor K13, tapi untuk rapor semester 2-5 menggunakan skala 0-100, bagaimana jika pihak sekolah tidak mau atau tidak bisa melakukan konversi skalanya menjadi 0-100 untuk yang rapor semester 1 kelas 7?

  4. Bagaimana bila mendaftar hanya sendiri dari sekolah, apa yang dimaksud dengan peringkat paralel ? apakah itu peringkat kelas? (karena selama ini disekolahnya tidak ada peringkat

    • Peringkat paralel adalah pemeringkatan yang dilakukan terhadap seluruh siswa dalam satu angkatan di sekolah. Jadi kalo misalnya ada tujuh lokal kelas dalam satu angkatan dengan total 350 siswa, nilainya (nilai rapot) akan diurutkan dari tertinggi sampai terendah, berbeda dengan peringkat kelas yang HANYA untuk satu lokal kelas saja. Istilah lebih gampangnya “peringkat juara umum”. Coba Erika minta saja ke bidang kurikulum di sekolahmu, insya Allah akan dibuatkan.

  5. Anak sy berkeinginan besar mau masuk ke ic tapi dia bukan rengking paralel,rata2 nilai 8 keatas,asal sekolah madrasah mualimin Muhammadiyah Yogyakarta, sdh mendaftar tapi tdk bisa lanjut karena persyatannya… Apa bisa di bantu

  6. Salam hormat, anak saya sudah tamat tahun sebelumnya, apakah persyaratan dan mekanisme pendaftaran yang dibutuhkan sama dengan siswa yang tamat tahun ini? terimakasih.

  7. saya baru mendaftarkan anak saya` NIK sudah diinput tapi jawaban Admin NIK sudah terdaftar. Diulang lagi jawabannya sama, bagaimana ini?

    • Assalamu alaikum min temen saya daftar lebih dulu daripada saya. Mereka melalui rombomgan paralel sedangkan saya sendirian tapi saya mengajukan surat rekomendasi juga tetapi hanya saya yg diterima itu ada hubungannya dengan surat rekomendasi ganda tidak? Mohon responnya ya min makasi

  8. Biaya pendaftaran berapa min? terus kalau sudah terupload akte kelahiran dan surat keterangan ternyata ukuran nya beda dengan yg disyaratkan,pas diganti mengapa tidak bisa terupload yang baru?

    • Mohon infonya kalau sudah terupload surat keterangan,pas diganti dengan yang benar mengapa tidak bisa terupload yang baru? padahal kartu belum dicetak.

  9. Assalamu’alaikum. Malam ini masih dibuka pendaftaran ? Anak saya mau di daftarkan ke MAN IC Serpong. Atas balasannya saya ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum.

    • Saya sdh daftarkan online anak sy.dn persyaratannya sdh lengkap. tapi trnyata hrs cetak kartu…wkt sy buka hari ini ternyata sdh tdk bisa cetak…ap msh bs diproses? Mhn infonya

  10. kak, tentang pengumuman yang “1 sekolah boleh mendaftarkan peserta didiknya hingga 10 anak di man ic serpong” itu berlaku buat yang Rombel-nya cuma 2 atau hanya berlaku untuk yang Rombel-nya >2
    Tolong di jawab segera

  11. Apakah betul ppdb online man ic diperpanjang sampai tgl 4 maret?,anak sy sdh mendaftar tgl 25 feb 2017 tapi belum mencetak kartu peserta, sy coba buka web nya sedang perbaikan, mohon info untuk no call center ppdb online man ic 2017/2018

  12. jika nomor surat hanya tertulis 411 tapi ternyata 411/…/… itu gimana ya? soalnya aku ud print kartu pendaftarannya

  13. Assalāmu’alaikum. Saya terlambat mencetak kartu pendaftaran, namun dalam website saya sudah tidak dapat mencetak lagi, apakah saya bisa mencetaknya dengan manual melalui call center? Apakah saya bisa melihat hasil urutan saya pada hasil seleksi berkas? Dan apakah tidak dicetaknya kartu pendaftaran menghambat masuknya saya dalam seleksi berkas? Ditunggu jawaban secepatnya, wassalām.

  14. Apakah kartu tes dan kartu pendaftaran memiliki perbedaan? Saya terlambat mencetak kartu pendaftaran. Apakah hari ini masih bisa?

  15. Assalaamu’alaikum wr. wb.
    Mohon informasi apakah jadwal pelaksanaan Test Seleksi PPDB tetap dilaksanakan di tanggal 18 Maret 2017, kami salah satu siswa yang berdomisili di Depok Jawa Barat yang sedang mengikuti ujian yg sedianya berakhir di haru Jumat tgl 17 Maret 2017, hanya ada pemberitahuan mendadak dari pihak Sekolah bahwa utk Mapel Bhs Indonesia seluruhnya diundur TO-nya di Hari Sabtu tanggal 18 Maret, mohon advise-nya?
    Salam

  16. Assalamualaikum, hari Jumat tanggal 14 April melayani daftar ulang tidak? Karena bertepatan dengan tanggal merah. Terima kasih

      • Anak sy lulusan SMP IT dilampung thn ini. Tp msh ingin nglanjutin hafiz qur’an kurang 13 juz lg. Di SMP selalu 3 besar. Kira2 pelajaran apa yg hrs fokus dipelajari

  17. Ini mau tanya???, kalau prestasi nya tingkat nasional cuma sampai harapan 3 pidato bahasa indonesia itu gmana…?? Tetapi nilai akademiknya juga mendukung, saya ingin meneruskan ke IC

  18. Saya ingin mendaftarkan anak saya, tp bingung krn anak saya basicnya dari SMP Negeri yg tdk ada kurikulum bahasa arabnya. Tp, anak saya kebetulan ikut di kelas percepatan (axellerasi), IQ nya 131, apakah bisa jd bahan pertimbangan? Jazakillah khoiron….

  19. assalamuaaikum warrahmatullahiwabarrokaatuh.
    saya punya anak putri yang masih di kelas IX , berniat mau masuk MAN IC SERPONG, OLEH KARENA ITU SAYA MAU BERTANYA TENTANG BIAYA MASUK SEANDAINYA NANTI ANAK SAYA DI TERIMA SETELAH MENGIKUTI TES.SEBELUMNYA SAYA UCAPKAN TRIMAKASIH.WAASALAMUALAIKUM. OH YA, KAMI BERDOMISILI DI kOTA pADANG SUMBAR

  20. Assalamualaikum,saya mau bertanya tentang biaya personal itu hanya dibayar ketika pertama masuk,atau itu perbulan ? Terimakasih

  21. Assalamualaikum,saya ingin bertanya jika yang rangking paralel 1-7 tidak ada yang berminat untuk masuk man ic apakah boleh diganti dengan yang ranking paralel dibawahnya yang benar benar berminat untuk masuk man ic ?

  22. Assalamualaikum,sya ingin mengajukan pertanyaan jika ada pendaftar dari keluarga kurang mampu tapi dia tidak mempunyai kip,kks,atau pkh bisa dibuktikan dengan apa ?dan apakah pendaftar itu terhindar dari biaya personal yang dimaksud?

  23. Assalamualaikum,saya mau bertanya jika ada pendaftar dari keluarga kurang mampu tapi dia tidak memiliki kip,kks,dan pkh.maka harus dibuktikan oleh apa?dan apakah dia terhindar dari biaya personal itu? Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*