Serunya Belajar PPKn Bersama Pak Yus

Mungkin bagi sebagian siswa disekolah lain belajar PPKn itu kurang mengasyikan tapi tidak bagi siswa MAN Insan Cendekia Serpong. Belajar matapelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di MAN IC Serpong bersama Yus Kusnandar, S.Pd, M.H atau biasa dipanggil Pak Yus menjadi lebih menarik dan seru karena siswa tidak hanya belajar teori-teori di kelas tapi juga diluar kelas. Kegiatan apa saja yang biasa dilakukan selain belajar dikelas?

1. Simulasi Pemilu
Kegiatan ini dilakukan karena minimnya pengetahuan siswa mengenai pemilihan umum yang menjadikan mereka begitu apatis terhadap pemilu berita-berita tentang buruknya kelakuan anggota DPR yang membuat banyak siswa “alergi politik”. Hal ini mendorong Pak Yus melakukan terobosan dengan metode pembelajaran Simulasi Pemilu agar siswa dapat memahami dan mengalami langsung bagaimana proses dan prosedur pemilu hingga sampai terpilihnya anggota DPR. Dalam kegiatan ini seperti halnya pemilu sesungguhnya siswa belajar dari mulai menyusun partai politik, membuat kampanye, visi dan misi dan juga ada jadwal kampanye ke seluruh siswa, guru serta karyawan. Ada juga kelompok siswa yang bertugas sebagai Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketika hari H pencoblosan semua civitas MAN IC Serpong turut serta sebagai pemilih dan penuh kegembiraan.

2. Simulasi Sidang ASEAN
Penyelenggaraan simulasi ini adalah kebutuhan siswa akan pengalaman belajar tentang sidang ASEAN (Association Of Southeast Asian Nations), karena pengalaman belajar lebih penting daripada pembelajaran materi tentang ASEAN, materi tentang ASEAN sangat mudah difahami dan dimengerti dengan membaca melalui literatur buku, media atau internet. Dengan adanya simulasi ini, siswa bisa belajar untuk berdiplomasi, berteman, berpolitik dan segala hal yang baik lainnya. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai jumlah negara ASEAN, sebelumnya sudah ditentukan terlebih dahulu topik apa yang akan dibahas sehingga semua siswa mempelajari dan menguasai topik.

3. Kunjungan ke Mahkamah Konstitusi
Kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman lapangan kepada siswa ke lembaga tinggi negara. Sesampainya di Mahkamah Konstitusi (MK) siswa mendengarkan penjelasaan tentang sejarah, landasan hukum serta fungsi dan tujuan MK didirikan. Kunjungan ke Mahkamah Konstitusi

Tiga kegiatan inilah yang membuat belajar PPKn di MAN IC Serpong bersama Pak Yus lebih seru dan berkesan, selain tentu pembelajaran dikelas yang tidak kalah serunya.

Profil

Yus Kusnandar
Yus Kusnandar, S.Pd, M.H
Tempat, tanggal lahir : Bandung, 29 September 1985
Pendidikan : S1 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
S2 Magister Hukum Unpam
Mengajar di MAN IC Serpong sejak tahun 2010

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*