Siswa MAN IC Serpong Mengikuti Sakura Exchange Program in Science 2017

Senyum ceria mengiringi kedatangan Abduraafi di Bandara Narita Jepang, sang Peraih medali peraih medali Perak bidang Fisika di ajang OSN 2017, hari ini Rabu, 19 Juli 2017 pukul 04.05 waktu Jepang.

Abduraafi Syauqi bersama satu siswa lainnya yaitu Venna Shintya dan didampingi oleh ibu Evi Siti Fauziah akan mengikuti kegiatan SAKURA Exchange Program in Science, yang diselenggarakan oleh Japan Science and Technology Agency (JST) di Jepang. Kegiatan akan digelar 19 – 28 Juli 2017 di Kampus Shizuoka University Hamamatsu Jepang.

Abdurrafi dan Venna bersama siswa lainnya dari Indonesia

Sakura Exchange program adalah program Pertukaran Pelajar Asia dan Jepang melalui Kolaborasi dengan industri-akademisi-pemerintah dengan memfasilitasi kunjungan jangka pendek ke Jepang. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat pemuda Asia terhadap ilmu dan Teknologi di universitas Jepang, lembaga penelitian dan perusahaan swasta. Sehingga peserta tidak perlu menyiapkan biaya sendiri baik airfare, akomodasi, biaya harian dan lainnya selama mengikuti kegiatan. Peserta hanya mempersiapkan diri untuk dapat presentasi tentang teknologi ataupun salah satu budaya yang ada di Indonesia. Ada saat peserta diberikan kesempatan untuk mengenal social life dalam budaya Jepang melalui Homestay, tinggal bersama keluarga orang Jepang selama 3 hari. Para family host sudah terseleksi dan siap untuk menerima peserta kegiatan untuk tinggal bersama di rumahnya. Acara lain yang sangat menarik adalah peserta akan dibawa untuk melihat industri di Jepang secara ril. Setiap tahun ada sedikit perubahan jenis kegiatan namun dengan tema yang hampir sama. Seperti pada kegiatan tahun 2015, peserta diajak ke salah satu pabrik otomotif, mobil Suzuki. Mereka bisa melihat bagaimana sebuah mobil dapat dibuat. Dan uniknya semua peserta diberi sebuah mobil untuk dibawa pulang, tentunya miniatur mobil berukuran kecil. Mungkin di tahun inipun kegiatan bisa saja sedikit berbeda namun dengan goals yang tetap sama. Sangat menarik. Untuk lebih detail tentang kegiatan ini bisa dilihat di laman ini www.ssp.jst.go.jp/EN/outline/pamph_en_h27_4.p Dan di alamat ini : www.ssp.jst.go.jp/EN

Ini kali ke tiga MAN Insan Cendekia Serpong tercatat sebagai peserta SAKURA Exchange Program in Science yang diselenggarakan oleh JST ini. Sepertinya sangat tepat dengan salah satu visi misi MAN Insan Cendekia Serpong yang mengedepankan Sains dan Teknologi. Pertama kali siswa kita mengikuti kegiatan ini pada bulan Juli 2015 saat musim panas disana, dengan Muhammad Imam Adi Wicaksana sebagai wakil dari MAN Insan Cendekia serpong. Sepulang dari kegiatan ini Imam memiliki wawasan yang lebih lengkap tentang pendidikan, teknologi, budaya dan social life di Jepang. Pengalamannya ini menjadi motivasi yang sangat kuat untuk melanjutkan studi di Jepang. Kemudian perjuangan dan kerja keraspun dimulai untuk mencapainya. Dan Hasilnya, alhamddulillah saat ini Imam sudah berada di Tokyo – Jepang melanjutkan studi disana dengan mendapatkan Beasiswa Mitsui Bussan untuk tahun keberangkatan 2016 tahun lalu.

Tahun 2016, kembali MAN Insan Cendekia Serpong mendapat kesempatan untuk mengikutsertakan perwakilannya dalam kegiatan yang sama. Kali ini diwakili oleh Medina Janneta El Rahman dan Muhammad Arfan Atrias. Mereka mengikuti kegiatan SAKURA Exchange Program in Science pada bulan Februari 2016, saat disana masih musim dingin. Pengalaman yang sama, dapat mereka rasakan. Melihat dan mengalami secara langsung apa yang biasa kita lihat dari media, ternyata memberikan sebuah insight yang lebih mendalam. Kemajuan dan kecanggihan teknologi, kualitas dan fasilitas pendidikan, juga banyak budaya positif yang didapatkan disaat interaksi singkat selama di Jepang memberikan kesan yang memotivasi untuk dapat belajar dan menggali ilmu dari negeri ini. Hal inilah yang kemudian memacu semangat dan keinginan untuk melanjutkan studi di Jepang. Sepulang dari Jepang, Medina dan Arfan merencanakan untuk melanjutkan studi di dalah satu kampus di Jepang. Dan tahun 2017 ini, Medina sudah tercatat sebagai Mahasiswa undergraduate pada Integrated Science Program di Hokkaido University Japan dan akan berangkat untuk memulai perkuliahan pada September 2017 mendatang. Sedangkan Muhammad Arfan, masih on going dalam proses admission on Civil Engineering Kyoto University, untuk keberangkatan April 2018. Semoga Arfan diberikan kemudahan untuk dapat melanjutkan kuliah di Kyoto University.

Pada tahun ini, peserta kita pada SAKURA Exchange Program in Science adalah Abduraafi Syauqi dan Venna Shintya, yang akan melihat dan menjalani pengalaman yang pernah kakak kelasnya dapatkan. Tentunya madrasah berharap mereka akan menjadi duta yang sangat baik, yang akan mengangkat adik-adik kelasnya di tahun-tahun mendatang. Sehingga kesempatan seperti ini akan terus berlanjut karena melihat perjalanan alumni yang menakjubkan.
Selamat jalan Abdurrafi dan Vena, selamat menikmati journey di negeri Anime.. negeri dengan sederet kecanggihan teknology.. negeri yang moslem friendly.. berikan performa terbaik kalian.. tunjukkan bahwa kalian adalan bagian dari MAN Insan Cendekia Serpong.. madrasah yang akan melahirkan calon-calon generasi terbaik penerus bangsa. Semoga.

(Dra. Rini Kristiani/Guru BK)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*