SNPDB/PPDB MAN Insan Cendekia 2018

Seleksi Nasional Peserta Didik Baru 2018 MAN Insan Cendekia sebanyak 22 MAN Insan Cendekia se-Indonesia.
A. Jalur Seleksi
Terdapat 3 jalur Seleksi SNPDB-MANIC Tahun Pelajaran 2018/2019 terdiri dari:
1. Jalur Tes
Seleksi melalui jalur tes tertulis yang diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan
2. Jalur Luar Negeri
Seleksi melalui jalur tes tertulis paling banyak 5% yang diselenggarakan bagi siswa berkewarganegaraan asing lulusan SMP/sederajat dari satuan Pendidikan Luar Negeri
3. Jalur Prestasi
Seleksi melalui jalur non-tes paling banyak 10% yang diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP yang memiliki prestasi di bidang sains pada ajang Olimpiade sains Nasional (OSN), Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional dan Provinsi, Olimpiade Sains tingkat Provinsi, Lomba Penelitian/karya Ilmiah yang diselenggarakan oleh Pemerintah (Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, LIPI, dan Kementerian Ristek Dikti)

B. Persyaratan
1. Persyaratan Madrasah

Madrasah/Sekolah yang berhak mengikuti SNPDB-IC adalah:

2.Persyaratan Siswa Pendaftar

C. Jadwal SNPDB

D. Kuota Per MTs/SMP
Setiap Madrasah Tsanawiyah (MTs) / SMP dapat merekomendasikan siswa terbaiknya untuk didaftarkan ke MAN Insan Cendekia berdasarkan kuota pendaftar per-madrasah sebagai berikut:

E. Materi Seleksi
Materi seleksi tertulis SNPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia meliputi Tes Potensi Belajar (TPB) (120 menit) dan Tes Akademik (120 menit) untuk bidang studi: Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

F. Waktu dan Tempat Seleksi
Kegiatan tes/seleksi tertulis SNPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dilaksanakan serentak di semua lokasi tes seluruh Indonesia pada:
Hari,Tanggal : Sabtu, 24 Maret 2018
Waktu : 09.00 waktu setempat s.d. selesai

G. Biaya Pendidikan
Biaya personal pendidikan berupa makan dan seragam dibebankan kepada peserta didik, besaran biaya ditentukan berdasarkan kesepakatan rapat Komite Madrasah bersama orang tua/wali disesuaikan dengan kondisi daerah setempat, bagi siswa tidak mampu akan diberikan keringanan biaya.

H. Mekanisme Pendaftaran

1. Pendaftar membuat akun pendaftaran SNPDB MAN IC dengan menggunakan akun email dan Nomor Pokok Statistik Nasional (NPSN) calon pendaftar melalui aplikasi yang ditetapkan sekaligus melengkapi Formulir pendaftaran;
2. Pendaftar memilih Jalur Seleksi (Jalur Tes, Jalur Luar Negeri, atau Jalur Prestasi).
3. Pendaftar melakukan input data dan mengisi rombel dan jumlah siswa kelas 9 madrasah/sekolah asal. Khusus pendaftar Jalur Prestasi melakukan input data tambahan berupa sertifikat/piagam prestasi.
4. Pendaftar memilih MAN Insan Cendekia paling banyak 2 lokasi.
5. Pendaftar Mengisi Nilai Raport Semester 1 sampai dengan 5.
6. Pendaftar mengunggah berkas-berkas yang dipersyaratkan
7. Pendaftar memilih Lokasi Tes sesuai dengan yang diinginkan.
8. Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran, jika seluruh formulir telah diisikan dengan baik dan benar sebagai bukti telah terdaftar dalam SNPDB MAN IC.
9. Lihat Pengumuman dan Cetak Kartu Tes jika siswa dinyatakan Lulus Seleksi Berkas.

Pendaftaran online dan informasi lebih detail silakan kunjungi website http://madrasah.kemenag.go.id/snpdb2018

[Baca Juga: 9 Langkah Pendaftaran Online SNPDB MAN Insan Cendekia]

I. Juknis
Informasi detail terkait SNPDB MAN Insan Cendekia DOWNLOAD JUKNIS SNPDB 2018

Baca Juga : (FAQ) Tanya-Jawab SNPDB MAN Insan Cendekia 2018

Jika mengalami kendala tenkis saat pendaftaran online bisa langsung ditanyakan kepada admin SNPDB saat membuka http://madrasah.kemenag.go.id/snpdb2018 lihat pojok kanan bawah

Contoh Surat Rekomendasi

209 Comments

  1. Assalamualaikum,saya mau bertanya saya kan liat di panduan snpdb contoh surat rekomendasi ada 2,yang pakai peringkat paralel sama yang tidak pakai itu kita pakai yang mana ya ? Terimakasih
    mohon dijawab

  2. saya lihat di Tabel kuota per SMP/MTs bahwa pendaftar dari Luar Provinsi untuk Rombel lebih kecil sampai 5 kelas, kuota untuk pendaftar bisa sampai 10 orang per SMP, apakah benar demikian pemahaman saya (selain MAN IC SERPONG)?

  3. Assalamu’alaikum,,apakah kalau ikut jalur prestasi tahfidz kemudian tidak lulus, bisa ikut kembali di jalur reguler?

  4. Assalamualaikum..

    Saya memiliki banyak pertanyaan untuk proses teknis pendaftaran.
    Apakah saya bisa mengirim via email? Jika ya, mohon bantuannya untuk membagi alamat.
    Atau saya bisa datang langsung ke MAN Insan Cendekia / Kementerian Agama ?

  5. Assalaamu’alaykum.
    Apakah persyaratan Madrasah/sekolah yg meliputi Nomer Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Sertifikat Akreditasi dll itu disertakan pula dlm berkas pendaftaran?
    Mohon penjelasan.
    Terimakasih.
    Wassalaam.

  6. Assalamualaikum

    Apakah prestasi Fls2n provinsi bisa masuk jalur prestasi ?
    Atau jalur prestasi hanya diperuntukkan osn/ksm saja?

  7. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    apakah via jalur test lulusan smpn juga ikut test bahasa arab?? sedangkan di smpn tidak ada mapel bahasa arab? ? itu bagaimana??

  8. Assalamu’alaikum..
    Utk jalur prestasi, OSN Matematika (SMP) hanya smpe tingkat Provinsi bisa dipertimbangkan ngga Min?
    Ada jg penghargaan Perak OSN SMP Rujukan se-Jawa Barat.
    Ataukah hanya utk peraih emas OSN sj?

    • iya juara OSN tingkat provinsi bisa melalui jalur prestasi, jika tidak diterima maka dapat ikut jalur reguler/tes. pengumuman jalur prestasi sebelum pelaksanaan tes seleksi

  9. Assalamualaikum…
    Untuk surat rekomendasi sekolah apakah harus seluruh siswa yang didaftarkan/direkomendasikan atau per orang satu surat? Kalau ada yang tertinggal bisa disusulkan di surat terpisah?

    • harus bersamaan seluruh siswa (sesuai kouta) yg ingin mendaftar ke MAN IC, dipastikan tidak ada siswa susulan sehingga 1 sekolah 1 surat rekomendasi

  10. Assalamualaikum, utk pembuatan akun email itu atas nama siswa atau salah satu ortunya ?, terus yg dipakai utk mendaftar itu NIK atau NPSN ? apakah keduanya itu sama ?

  11. Assalamualaikum. Bagaimana klo siswa yg mau ke man ic lulusan SMP itu angkatan pertama. Kan jelas skolah asalnya belum mendapatkan akreditasi karena baru berjalan 3 tahun.
    Tapi murid ini mempunya hafalan quran yg hampir selesai..
    Adakah kemudahan dari MAN ic tersebut.
    Plisss min tolong

  12. Assalamualaikum Wr.Wb.
    di persyaratan uploud dokumen untuk peserta reguler, ada FC KKS/PKH/KIP.. maaf mau menanyakan apa yang dimaksud KKS/PKH/KIP
    demikian terima kasiih

  13. Assalamu’alaikum Wr.Wb,
    Di thn 2018 ini utk asrama dan makan hrs biaya sendiri,lalu bila gaji ortu mis.cm 2jt dan mencantumkan SKTM dr kelurahan apakah itu jd pertimbangan lulusnya BERKAS? Ini yg jd dilema,Sayang kan bila ada anak yg cerdas & tes tertulis blm dimulai sdh terkendala lulus tdknya berkas krn mslh tsb.Mohon maaf bila ada slh kata.

    • Faktor ekonomi keluarga (SKTM) tidak menjadi pertimbangan bisa lulus Berkas atau tidak. Proses verifikasi berkas hanya akan memastikan berkas, berkas yang diupload benar dan sesuai persyaratan itu saja. Terutama berkas: Surat Rekomendasi sekolah, Raport dan atau sertifikat prestasi jika jalur prestasi.
      Bagi siswa kurang mampu akan diberikan keringanan biaya jika sudah diterima

  14. Bismillahirohmanirohim, assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh, mohon penjelasan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 152 Tahun 2018 Lampiran LAMPIRAN I BAB V huruf F poin 4.Penetapan Tahfidz bagi Hafidz 10 juz, 20 juz, dan 30 juz dibuktikaan dengan sertifikat dan/atau melalui seleksi khusus Tahfidz Al Qur’an. Kompetisi Tahfidz ini akan menambah bobot pertimbangan untuk penentuan kelulusan melalui jalur prestasi atau reguler, Pertanyaannya : Kenapa pada aplikasi Jalur Reguler tidak upload Surat Kerangan Tahfidz ? ,terima kasih wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  15. Assamualaikum wr.wb
    Saya mau tanya, di contoh surat rekomendasi itu kan ada kolom yang berisi jurusan peminatan. Maksud dari jurusan peminatan itu apa ya?
    Terima kasih

  16. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Apakah pembayaran daftar ulang(Bln April)yg dr luar kota bs melalui trf online atau datang langsung ke man IC?dan selanjutnya apakah msh dikenakan biaya lain semacam jariyah/uang gedung?

    • Jika diterima wajib daftar ulang harus hadir dengan membawa berkas2 yg diperlukan, untuk pembayaran dilakukan nanti setelah mulai masuk asrama Juli.
      tidak ada uang gedung atau lain2. Biaya yg dibayarkan hanya utk kebutuhan seragam, makan dan asrama saja

    • jika tidak lolos jalur prestasi bisa ikut jalur reguler. Pengumuman jalur prestasi sebelum pelaksanaan Tes seleksi.
      Rincian biaya masing-masing IC berbeda2 bergantung kesepakatan komite dengan orang tua dengan memperhatikan daerah setempat, namun kisarannya sekitar 1 juta s.d 1,5 juta per bulan

  17. Mohon informasinya, Apakah bisa menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) jika tidak memiliki KIP/PKH/KKS ? Karena di daerah masih belum tersebar merata untuk kartu-kartu tersebut.
    Apakah jika bisa menggunakan SKTM, apa perlu diupload saat pendaftaran online atau tidak perlu diupload cukup diberikan saat proses penerimaan nanti?
    Mohon jawabannya.
    Terimakasih.

  18. Apakah ajang Olimpiade yang diadakan oleh sekolah Al Azhar se Indonesia (nasional) termasuk dalam lomba yang diakui dalam jalur prestasi?

  19. Apakah penghargaan internasional selain osn bisa diakui utk jalur prestasi? Utk surat keterangan peringkat paralel apakah dilampirkan dlm upload berkas dg srt rekomendasi? Terima kasih

  20. Aslkm Wr. Wb.
    Mohon tanya untuk yang persyaratan hafal Quran diatas 10 Juz melalui jalur yang mana ya Pak/ Bu

    Terima kasih informasinya.

    Wassalamualaikum wr wb

  21. 018 AT 7:23 AM
    Assalamu’alaikum,,apakah kalau ikut jalur prestasi tahfidz kemudian tidak lulus, bisa ikut kembali di jalur reguler?

      • pertanyaan saya hampir mirip seperti diatas. sy ingin lebih jelas. setelah tidak lulus jalur prestasi, teknis ke jalur reguler spt apa? otomatis akan dipanggil tes jalur reguler atau mendaftar dengan 2 akun yg berbeda? yg 1 akun utk jalur prestasi, dan 1 akun lagi utk jalur reguler? mhon pnjelasannya.

  22. Assalamu’alaikum. Mohon infonya untuk alamat yang diisikan saat daftar online apakah alamat sesuai KK ataukah alamat tinggal saat ini? Syukron.

  23. Assalamu’alaikum… putri kami murid baru di sekolahnya karena suami mutasi kerja pindah kota.
    Apakah rapor kelas 1 dan 2 bisa dilegalisasi oleh sekolah yang sekarang?

  24. Assalamualikum,kalau sudah mendaftar namun belum selesai. Tapi ketika di buka lagi ternyata sudah tidak dapat masuk lagi ke web, apakah dapat di batalkan? Saya boleh minta nomor adminnya pak/bu?

  25. Jika sekolahnya baru tahun ke-4, akreditasinya nanti bulan Mei.Siswanya boleh ikut mendaftar atau tidak ya… karena di menu isian maupun upload juga tidak meminta akreditasi sekolah

  26. saya sudah mendaftar tapi terjadi kekeliruan di input rapor semester 5. nilainya tertukar antara pelajaran b inggris dan IPA. saya sudah hubungi CS dan katanya disuruh daftar ulang. pas saya mau daftar ulang tetep aja gabisa di buka. saya harus bagaimana? data sudah di upload semua, cuma nilai ipa n b inggris di semester 5 aja yg ketukar. saya gatau gimana caranya buat edit lagi. mohon bantuannya admin..

  27. untuk surat rekomendasi dr sekolah 1 lembar yg sesuai juknis memuat pilihan jurusan saja atau 2 lembar yg satunya memuat peringkat paralel siswa.

    • 1 lembar yang memuat peringkat paralel.
      yang terdapat dalam Juknis itu contoh Surat Rekomendasi utk daftar MAN PK (Program Keagamaan)

  28. Assalamualaikum, saya ingin tanya apa kriteria siswa terbaik yang bisa direkomendasi oleh sekolah untuk daftar di ic.? apakah harus rank 1 pararel atau boleh sebagai siswa yang memang baik tapi tidak rank 1.?
    saya tunggu kabar nya. Tksh

    • Minimal 5 besar atau maksimal 10 besar ranking paralel jika ingin mendaftar ke MAN IC Serpong. lihat tabel kuota per SMP/MTs di atas

  29. Assalamu’alaikum…..Apakah di MAN IC Serpong ada ‘program harian’ mhafal Al Qur’an? Shaum Sunnah? Qiyamul lail? Shalat Dhuha? Terimakasih..

  30. anak saya ingin daftar di Man ic, tapi tahun ini sepertinya syaratnya bertambah sekolah asal harus punya akreditasi dan NPSN, padahal dia msh angkt 3 di sekolahnya jadi selama ini sekolahnya masih menginduk ke sekolah yg mempunyai NPSN. Apakah untuk NPSN nya bisa saya isi dengan NPSN sekolah induk min?

  31. Maaf… kalau baca di lampiran juknis, itu untuk MAN IC dan MAN PK. Tinggal dipilih yg sesuai (ada tanda *) isi yg sesuai). Jadi menurut juknis itu tdk ada Rangking Paralel. Yg mau saya tanyakan apa MAN IC Serpong mengharuskan adanya Rangking Paralel?

  32. Assalamu’alaikum, apakah jika medaftar harus semua data dan persyratannya harus
    dilengkapi langsung semua? atau boleh menyusul? karena ada beberapa yg belom disiapkan.

    berkas yang di upload dalam format jpg atau pdf?

  33. Assalamualaikum
    Apakah man ic “pilihan utama” itu harus MAN IC SERPONG? Lalu pilihan optionalnya yang sesuai daerah yang kita inginkan ? Atau baik pilihan pertama maupun pilihan kedua terserah kita mau pilih MAN IC mana saja?

  34. Assalamualaikum.. sekolahnya menggunakan skala 4 untuk nilai rapot. Nanti yg di upload kelengkapan syarat2 itu fc rapot legalisir yang menggunakan skala 4 atau fc nilai rapot yang sudah dikonversi dan sudah dilegalisir?

  35. Assalamu’alaikum, Pada surat keterangan/rekomendasi siswa terbaik dari kepala sekolah asal di dalam tabel terdapat kolom jurusan peminatan, yang diisi dalam kolom jurusan peminatan itu apa?
    terimkasih

  36. Assalamualaikum warohmatullah, anak saya dapat rekomendasi dari sekolahnya utk MAN IC OKI, apakah dgn rekomendasi tsb bisa dipakai buat mendaftar ke MAN IC SERPONG ?

  37. Apakah boleh apabila kami memiliki rombel kelas IX adalah 5 kemudian merekomendasikan siswa kami untuk mendaftar man IC Serpong lebih dari 5 orang sebagaimana persyaratan yang ada. Apabila siswa kami memilih sekolah man IC di luar Serpong, apakah tesnya bisa tetap di wilayah Banten atau Jakarta.

    • jika rombel 5 kelas hanya boleh mendaftarkan hanya 5 siswa ke IC Serpong tdk boleh lebih. untuk ke IC lain bisa sampai 15 siswa.
      lokasi tes bebas memilih yang terdekat

  38. Assalamu’alaikum, utk selain biaya bulanan yang 1 jt-1,5 jt utk uang msk awal atau uang pangkal dan pendaftaran bagaimana besarannya adakah..?
    Utk yg penghasilannya pas2an seperti kami bagaimana ya, putri kami ditawari karena peringkat 2 di sekolahnya dari semua siswa di MTs Al Mursyidiyyah Pamulang TangSel..Jazzakallah.

  39. Apa benar salah satu syarat pendaftaran disamping dpt rekom dari sekolah, nilai rapot untuk mapel UN minimal 80 dari semester 1-5……?

  40. NIK anak saya sudah saya isi dan saya teliti dengan seksama sesuai dengan NIK di KK yang dari kantor catatan sipil, tapi ditolak oleh aplikasi ini, katanya nik, tgl lahir dan jenis kelamin harus sesuai, jadi bagaimana yaa?. Mohon jawabannya.

  41. Admin saya mau tanya fotocopy raport yg di upload smt 5 atau dari 1-5?
    Soalnya dibrosur yg diupload hnya smt 5 sja tpi ko 9 langkah pendaftaran yg diupload dari smt 1-5

  42. assalamualaikum mau tanya
    untuk tes masuk, pelajaran PAI juga termasuk mata pelajaran yang diujikan tidak? saya liat di link madrasah kemenag, mapel PAI tidak termasuk diujikan. terimakasih

  43. assalamualaikum admin… mau nanya,saya udh daftar sampe beres sama kartu pendaftaran pun sudah jadi.Tapi,pas saya cek semuanya kembali nilai semester 5 mata pelajaran b.inggris dan ipa terbalik.Nah pertanyaannya,apakah bisa diralat atau ngebuat akun gmail kembali???

  44. Assalaamu ‘alaikum warahmatullahi wabaralaatuh

    Saya ingin bertanya..
    apakah biaya personal untuk warga tidak mampu sudah tidak memberatkan???
    Ditakutkan saya membebani orang tua

    Terimakasih mohon maaf sebelumnya

  45. assalamu’alaikum..
    sekolah saya ada pergantian nama dari pusat dan itu belum ada di npsn, jadi saya pakai nama yang lama atau nama yang baru dengan npsn lama?

  46. Ass. Terdapat dua penilaian di raport yaitu PENGETAHUAN dan KETERAMPILAN.
    Pertanyaan : Apakah di input hanya PENGETAHUAN saja atau PENGETAHUAN + KETERAMPILAN dibagi dua ?
    Tk

  47. 1. Apakah berkas yang discan harus sudah legalisir atau boleh cuma foto kopian saja ?
    2. Apakah bisa mencetak kartu kalau salah satu berkas (rekomendasi )belum terupload

    • 1. harus legalisir
      2. tidak bisa harus semua lengkap dan benar baru bisa cetak bukti pendaftaran karena setelah cetak bukti pendaftaran tidak bisa lagi perbaikan data atau upload berkas

  48. Ass. Mhn maaf sbnarx masalah ini sdh ditanyakan oleh Yenita yaitu ttg dok yg hrs di Scan dg PDF atau JPG. dan Admin sdh jawan yaitu JPG.
    Masalahx khusus raport yg 10 (sepuluh) lbr itu kan sulit kalau pakai JPG.
    Pertanyaan : Apa bisa khusus dok Raport kami upload dg PDF sedangkan akte kelahiran & Rekomendasi dg JPG ? Tk mhn jawabannya karena kami kesulitan.
    Tk

  49. Ass. Mhn maaf bertanya lagi. Kebetulan Provinsi kami blm ada MAN IC. Nah untuk memilih lokasi tes hanya tersedia 2 pilihan yaitu Madrasah & Tempat tes.
    Pertanyaan : apakah kami bs isi Madrasahnya kosong dan Tempat tesx di kanwil Agama setempat ?
    Tk

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*