Thoriq Siswa MAN IC Serpong Raih Medali Olimpiade Biologi Internasional 2010

Thoriq salafi
Thoriq bertemu dengan Menteri Agama

Thoriq Salafi siswa MAN IC Serpong berhasil meraih medali di ajang International Biology Olympiad (IBO) 2010 di Korea Selatan. Menteri Agama Suryadharma Ali berharap, madrasah terus berbenah dengan pengelolaan yang lebih baik. dengan demikian, madrasah juga mampu melahirkan peserta didik berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Anak madrasah bisa berprestasi kalau dikelola secara maksimal,” kata Menag seperti dikutip dari keterangan tertulis Rabu, (28/7/2010).

Hari ini, Menag menerima Thoriq Salafi, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong yang meraih medali perunggu pada Olimpiade Biologi 2010 di Korea Selatan di ruang kerjanya Lt 2 Gedung Kemenag, Jakarta.

Dia mengatakan, peningkayan mutu madrasah memerlukan peningkatan budaya keagamaan dan budaya ilmiah. “Memang sarana dan prasarana itu penting, tapi lebih penting lagi adalah peningkatan budaya mutu,” kata Menag seperti disampaikan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Ahmad Hidayatullah saat mendampingi Thoriq Salafi.

Thoriq merasa gembira mewakili negaranya mengikuti ajang internasional tersebut. Tahun ini Olimpiade Biologi Internasional melibatkan 59 negara dengan 233 peserta dan berlangsung pada 11-18 Juli lalu. Indonesia mengirimkan empat peserta, tiga orang di antaranya pelajar SMA, dan berhasil membawa pulang dua medali emas dan dua medali perunggu.

Siswa kelahiran Purwokerto 28 September 1993 menuturkan, untuk bisa dikirim ke ajang internasional setiap peserta melalui pelatihan dan seleksi. “Pada tingkat nasional saya meraih perak, kemudian bersama 14 orang mengikuti pelatihan, lalu disaring menjadi 10 orang dan akhirnya diseleksi lagi menjadi empat orang,” ungkap anak pasangan Abdul Haris dan Uun Chunaenah ini.

Sumber : okezone.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*