Uyun Siswa MAN IC Serpong Raih Prestasi Olimpiade Internasional

Uyun siswa MAN Insan Cendekia Serpong
Uyun siswa MAN Insan Cendekia Serpong

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong binaan Kementerian Agama kembali meraih prestasi internasional. Kali ini, giliran Uyun Charisa Aziza siswi kelas XII jurusan IPS yang telah mengharumkan nama bangsa setelah berhasil meraih Medali Perunggu Olimpiade Internasional bidang Geografi di Polandia.

Maklum, kompetisi yang dilaksanakan dari tanggal 11-21 Agustus 2014 ini diikuti lebih dari 60 negara. Indonesia sendiri diwakili oleh 4 duta bangsanya, dan Uyun merupakan satu-satunya siswa yang berasal dari Madrasah Aliyah.

Duta olimpiade internasional merupakan peserta terbaik Olimpiade Sains Nasional (OSN). Mereka yang akan diberangkatkan ke Polandia, diseleksi secara ketat dalam sebuah proses Training Centre (TC). Tahap pertama TC ini diikuti oleh 30 peserta yang kemudian diseleksi menjadi 16 besar, 8 besar dan akhirnya diperoleh 4 besar nasional. Empat siswa terpilih inilah yang diberangkatkan ke Polandia untuk mengikuti olimpiade internasional.

Tekun Belajar

Kepala Sekolah MAN IC Serpong, Suwardi, Jumat (22/08), mengatakan bahwa Uyun merupakan sosok siswa yang tekun belajar dan aktif berorganisasi, sebagai pengurus OSIS.

Selain medali olimpiade, Lulusan MTs Negeri Kota Blitar Jawa Timur ini juga pernah memperoleh Juara I lomba Cipta Baca Puisi empat pilar kebangsaan yang diselenggarakan oleh sekretariat MPR RI pada tahun 2013. Di tahun yang sama, Uyun juga menjadi Duta Indonesia dalam Pertukaran Pelajar Internasional program KIZUNA di Jepang. Dan saat ini, Uyun juga sudah diterima sebagai calon mahasiswa di Asia Pasifik University (APU) Jepang.

Prestasi Uyun memang bukan yang pertama buat MAN IC Serpong. Sebelumnya madrasah binaan Kementerian Agama sudah berhasil melahirkan siswa berprestasi, baik tingkat nasional maupun internasional. Di antara mereka adalah Gilang Al-Ghifari Lukman, siswa kelas X MAN IC Serpong, yang memperoleh penghargaan dalam Moscow International Model United Nation (MIMUN) 2013 di Moscow, Rusia. Juga tim siswa MAN IC Serpong yang berhasil merebut juara 1 dan 3 pada ajang National Competition Islamic Knowledge, Mathematics and Science di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tanggal 24 Mei 2014.

Terkait ini, Suwardi mengaku bahwa untuk menyiapkan siswa berkompetisi khususnya olimpiade sains, siswa MAN IC Serpong memiliki wadah yang bernama Klub Bidang Studi (KBS). Dalam KBS ini,  siswa berlatih secara serius serta mendapat bimbingan secara khusus dari gurunya.

“Kami bangga dan bersyukur atas prestasi Uyun, karena dia merupakan siswa pertama jurusan IPS yang berhasil meraih medali olimpiade internasional. Selama ini yang sering mengikuti kompetisi internasional kebanyakan siswa jurusan IPA,” terang Suwardi. (mkd/mkd)

Dikutip dari kemenag.go.id Jumat, 22 Agustus 2014, 09:30
Sumber: http://www.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=207723

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*